Faktor utama yang menyebabkan indonesia keluar dari keanggotaan pbb karena

Berikut ini Kunci Jawaban Soal Sekolah Tentang Faktor utama yang menyebabkan indonesia keluar dari keanggotaan pbb karena

Faktor utama yang menyebabkan Indonesia keluar dari keanggotaan PBB karena pembentukan Federasi Malaysia oleh Inggris, yang menggabungkan Malaya, Borneo Utara dan erawak.

Presiden Soekarno menentang pembentukan Malaysia, melancarkan konfrontasi dan melakukan protes dengan keluar dari PBB.

Pembahasan:

Pada tahun 1965, Indonesia keluar dari PBB karen PBB menerima Malaysia sebagai anggota. Saat itu presiden Sukarno memimpin Indonesia menuju “Konfrontasi” menentang pembentukan Malaysia yang terdiri atas Malaya, Sabah dan Serawak, karena menganggap bahwa Malaysia adalah kaki tangan imperialis Inggris.

Setelah mengeluarkan Indonesia dari PPBB, Presiden Sukarno berusaha membentuk organisasi tandingan yang bernama CONEFO (Conference of New Emerging Forces). Hanya negara komunis China, Vietnam Utara dan Korea Utara yang bersedia bergabung dengan organiasi tandingan ini.

Presiden Sukarno juga meluncurkan Konfrontasi untuk menolak pembentukan Malaysia oleh Inggris. Konfrontasi ini dilakukan dengan melakukan serangan untuk membantu Tentara Nasional Kalimantan Utara (TNKU), kelompok di Sabah dan Serawak yang anti-Malaysia.

Setelah Suharto mengambil alih kekuasaan dengan Supersemar, dia mengakhiri konfrontasi dengan konferensi antara Malaysia dan Indonesia di Bangkok pada 28 Mei 1966. Indonesia kembali meminta untuk bergabung dengan PBB pada 19 September 1966, dan diterima kembali oleh Dewan Umum PBB pada 28 September 1966.  

Pelajari lebih lanjut:

Jelaskan penyimpangan politik luar negeri yang dilakukan Presiden Soekarno pada masa Demokrasi Terpimpin!

———————————————————————————–

Kode: 9.10.12

Kelas: IX

Mata pelajaran: Sejarah    

Materi: Bab 12 – Peristiwa Tragedi Nasional dan Konflik-Konflik Internal Lainnya (1948-1965)

Kata kunci: Keluarnya Indonesia dari PBB

Baca Juga  Surat al araf ayat 180

 

Begitulah Jawaban Soal Pelajaran Tentang Faktor utama yang menyebabkan indonesia keluar dari keanggotaan pbb karena Semoga Membantu.