Tuliskan 4 contoh cara makhluk hidup beradaptasi dengan lingkungannya

Berikut ini Kunci Jawaban Soal Sekolah Tentang Tuliskan 4 contoh cara makhluk hidup beradaptasi dengan lingkungannya

Jawaban:

Contoh cara makhluk hidup beradaptasi dengan lingkungannya:

  • Kaktus beradaptasi dengan daun berduri dan batang yang menyimpan air
  • Cumi-cumi memiliki tinta untuk kabur dari pemangsa
  • Manusia di daerah Tropis memiliki kulit gelap
  • Bunglon yang memiliki kemampuan mimikri agar mirip dengan lingkungannya
  • Ikan-ikan laut yang banyak minum dan memiliki urin pekat

Pembahasan:

Adaptasi adalah proses yang dilakukan dan sifat yang dimiliki makhluk hidup agar bisa bertahan hidup di lingkungannya. Adaptasi merupakan mekanisme agar makhluk hidup bisa mengatasi kondisi sulit di lingkungannya.

Adaptasi dapat berupa adaptasi morfologi (adaptasi dengan bentuk tubuh), adaptasi fisiologi (adaptasi fungsi tubuh) dan adaptasi tingkah laku. Semua jenis adaptasi ini bertujuan agar makhluk hidup bisa bertahan hidup.

Adaptasi morfologi misalnya adalah warna kulit hitam di manusia yang hidup di daerah Tropis. Kulit hitam ini disebabkan oleh tingkat melanin yang tinggi. Melanin bermanfaat untuk melindungi diri dari bahaya sinar ultraviolet matahari, yang dapat menyebabkan kanker berbahaya.

Adaptasi fisiologi adalah cara makhluk hidup menyesuaikan diri (adaptasi) dengan lingkungannya melalui fungsi kerja pada organ-organ tubuhnya, dengan tujuan supaya dapat bertahan hidup dalam kondisi lingkungan tempatnya berada tersebut.  

Contohnya adaptasi ikan laut yang banyak minum untuk mengganti air yang keluar tubuh akibat osmosis dan mengeluarkan urine sangat sedikit serta pekat.

Adaptasi tingkah laku adalah perubahan sikap makhluk hidup terhadap lingkungannya dan berupa tindakan terhadap rangsang di sekitar, misalnya adalah bunglon yang melakukan mimikri agar dapat tampak mirip dengan batang pohon sekitarnya.

Pelajari lebih lanjut:

Baca Juga  Mendapat pendidikan ketentuan dalam uud 1945

Hasil Adaptasi Fisiologis

Detail Jawaban      

Kode: 5.4.3  

Kelas: VI  

Mata pelajaran: Biologi    

Materi: Penyesuaian Makhluk Hidup dengan Lingkungannya

Kata kunci: Penyesuaian Makhluk Hidup, Adaptasi

Begitulah Kunci Jawaban Soal Ujian Tentang Tuliskan 4 contoh cara makhluk hidup beradaptasi dengan lingkungannya Semoga Membantu.