Gambar cara perpindahan panas secara konduksi

Berikut ini Kunci Jawaban Soal Pelajaran Tentang Gambar cara perpindahan panas secara konduksi

Cara perpindahan panas secara konduksi adalah perpindahan panas dari benda bersuhu tinggi ke benda yang bersuhu lebih rendah, yang bersentuhan atau terhubung dengan medium perambatan panas.

Pembahasan:

Jika ada perbedaan suhu antara dua benda atau tempat, maka akan selalu terjadi perpindahan panas dari benda atau tempat yang suhunya lebih tinggi ke tempat yang suhunya lebih rendah. Perpindahan suhu terjadi hingga tercapai kesetaraan suhu antara kedua benda.

Panas bisa berpindah dari satu tempat ke tempat lain dengan tiga cara: Konduksi, Konveksi dan Radiasi. Konduksi dan konveksi memerlukan adanya materi sebagai medium perantara untuk mentransfer panas, sedangkan radiasi tidak memerlukan medium perantara.  

Konduksi adalah perpindahan panas antar benda atau zat yang bersentuhan langsung. Konduksi terjadi karena ketika zat atau benda dipanaskan, partikel di dalamnya akan mendapatkan lebih banyak energi, dan bergerak lebih banyak. Molekul-molekul ini kemudian bersentuhan dan mentransfer energi panas partikel di dekatnya.  Ini menyebabkan perambatan panas antar zat.

Contoh:  

  1. Sendok stainles steel yang dimasukkan ke dalam gelas ikut menjadi panas
  2. Ketika kita menutup panci berisi air panas, akan ada perindahan panas dari air ke tutup panci hingga ke tangan kita.

——————————————————————————————–

Detail Jawaban:  

Kode: 7.6.6

Kelas: VII    

Mata pelajaran: Biologi    

Materi: Bab 6 – Energi dalam Sistem Kehidupan

Begitulah Jawaban Soal Ujian Tentang Gambar cara perpindahan panas secara konduksi Semoga Membantu.

Baca Juga  Induk organisasi bulutangkis indonesia dinamakan