Bagaimana proses pemberian pengakuan kemerdekaan mesir kepada indonesia

Adalah Kunci Jawaban Soal Ujian Tentang Bagaimana proses pemberian pengakuan kemerdekaan mesir kepada indonesia

Jawaban:

Proses pemberian pengakuan kemerdekaan mesir kepada indonesia yaitu:

Penjelasan:

1.) Organisasi Islam di Mesir yakni Al Ikhwan Al Muslimun yang merupakan organisasi islam besar dan paling berpengaruh di Mesir merespon positif kemerdekaan Indonesia melalui pemberitaan di Seluruh media massa di Mesir. Tak lupa dari pihak pemerintah Mesir langsung merespon kemerdekaan Indonesia dengan mengumumkan mengakui Indonesia pada 22 Maret 1946.

2.) Tindakan langsung yang dilakukan Mesir pasca mengakui Indonesia yakni dengan mengirimkan wakil diplomatnya ke Jogyakarta dan memberitahukan kepada semua anggota Liga Arab terkait kemerdekaan Indonesia.

3.) Mesir mengakui secara de facto. Melalui Panitia Pusat yang dipimpin Haji Agus Salim beserta delegasi lainnya AS Baswedan, Mr. Nazir dan Profesor Dr Rasyidi yang langsung terbang ke Mesir semenjak Mesir telah lebih dahulu mengunjungi Indonesia pasca pengakuan pada 22 Maret 1946. Kemudian dari pihak Mesir telah resmi mengakui de facto wakil Indonesia yang diwakili Panitia Pusat.

4.) Pengakuan de jure kemerdekaan Indonesia oleh Mesir. Diakuinya Indonesia secara de jure oleh Mesir pada 18 November 1946 melalui pertemuan para menteri luar negeri negara-negara Liga Arab dimana mereka menetapkan resolusi tentang pengakuan kemerdekaan Indonesia sebagai negara merdeka dan berdaulat penuh.

5.) Setelah resmi Indonesia diakui baik secara de facto dan de jure oleh Mesir, Hubungan antara Indonesia Mesir menjadi tambah erat. Hal ini ditandai dengan mengadakan perjanjian persahabatan, hubungan diplomatic dan perdagangan antara Indonesia-Mesir. Maka Pada 10 Juni 1947 ditandatanganilah perjanjian tersebut di Kementerian Luar Negeri Mesir. Dari pihak Mesir yang menandatangani Menteri Luar negeri Fahmi Nokrasyi Pasya, dan dari pihak Indonesia oleh Menteri muda luar negeri Haji Agus Salim.

Baca Juga  Urutan tata cara debat yang baik yaitu

Semoga Bermanfaat!

Demikianlah Jawaban Soal Pelajaran Tentang Bagaimana proses pemberian pengakuan kemerdekaan mesir kepada indonesia Semoga Membantu.