Batas landas kontinen indonesia diumumkan pada tanggal

Adalah Jawaban Soal Pelajaran Tentang Batas landas kontinen indonesia diumumkan pada tanggal

1.Batas Landas Kontinen

Batas landas kontinen merupakan batas di bagian ujung bagian dasar laut dan masih terhubung dengan benua, baik daratan maupun lautan. Batas lautan ini berkedalaman kurang dari 200 meter dan merupakan laut dangkal. Batas landas kontinen diumumkan oleh pemerintah Indonesia pada tanggal 17 Februari 1969.

2. Batas Laut Teritorial

Batas laut territorial adalah batas suatu perairan negara yang di Tarik dari pantai terluar sejauh 12 mil atau 19,3 km kea rah laut lepas. Wilayah laut teritorial Indonesia diumumkan pemerintah pada tanggal 13 Desember 1957 yang dikenal dengan Deklarasi Djuanda dan diperkuat dengan Undang- Undang Nomor 4 Tahun 1960.

3. Zona Ekonomi Eksklusif

– Zona ekonomi eksklusif adalah kawasan yang berjarak 200 mil dari pulau terluar Indonesia. Pada kawasan ini, Indonesia berhak untuk mengambil dan memanfaatkan segala potensi sumber daya alam yang ada.

Zona ekonomi eksklusif diumumkan pemerintah Indonesia pada tanggal 21 Maret 1980. Dengan pengumuman ini, wilayah laut Indonesia bertambah luasnya menjadi dua kali lipat.

Simpulan : Batas Landas Kontinen diumumkan oleh pemerintah Indonesia pada tanggal 17 Februari 1969, batas laut teritorial Indonesia diumumkan pemerintah pada tanggal 13 Desember 1957 yang dikenal dengan Deklarasi Djuanda dan diperkuat dengan Undang- Undang Nomor 4 Tahun 1960, zona ekonomi eksklusif diumumkan pemerintah Indonesia pada tanggal 21 Maret 1980. Dengan pengumuman ini, wilayah laut Indonesia bertambah luasnya menjadi dua kali lipat.

Semoga membantu.

Detil tambahan

Kelas: 6 Sekolah Dasar.

Mapel: IPS

Kategori: –

Kata kunci : Batas landas kontinen indonesia diumumkan pada tanggal
.

Baca Juga  Surat al maidah ayat 2 dan 3 beserta artinya

Demikianlah Kunci Jawaban Soal Ujian Tentang Batas landas kontinen indonesia diumumkan pada tanggal Semoga Membantu.