Sebutkan 3 faktor yang mempengaruhi proses fotosintesis

Inilah Kunci Jawaban Soal Ujian Tentang Sebutkan 3 faktor yang mempengaruhi proses fotosintesis

Tiga faktor yang mempengaruhi fotosintesis adalah karbondioksida, air dan cahaya. Peningkatan karbodioksida, air dan cahaya dapat meningkatkan fotosintesis. Fotosintesis adalah proses pembentukan senyawa organik (glukosa).

Pembahasan

Fotosintesis merupakan proses penyusunan atau pembentukan senyawa kompleks (organik) dari senyawa sederhana (anorganik) dengan menggunakan energi cahaya. Proses tersebut akan menghasilkan glukosa dan oksigen. Proses fotosintesis berlangsung pada pigmen fotosintetik (klorofil) dalam kloroplas yang terdiri dari grana sebagai tempat reaksi terang dan stroma sebagai tempat reaksi gelap.

Pada fotosintesis, dihasilkan glukosa yang disimpan dalam bentuk amilum (karbohidrat) dan dilepaskan oksigen. Agar dapat melakukan fotosintesis, diperlukan karbondioksida dan air. Selain glukosa, proses fotosintesis juga menghasilkan oksigen, yang diperlukan tiap hari untuk bernapas.

Cahaya menjadi faktor penting dalam proses fotosintesis, sedangkan fotosintesis merupakan proses yang menjadi kunci agar dapat berlangsungnya proses metabolisme yang lain di dalam tanaman. Hasil fotosintesis berupa amilum dari daun yang kemudian ditransportasikan ke seluruh tubuh dan tempat cadangan makanan seperti batang dan akar. hasil fotosintesis berupa amilum (senyawa organik) menyediakan makanan bagi seluruh kehidupan di bumi baik secara langsung atau tidak langsung.

Faktor-faktor yang mempengaruhi peningkatan laju fotosintesis adalah:

1. Peningkatan karbondioksida.

2. Peningkatan air.

3. Cahaya matahari yang optimal.

4. Jumlah klorofil yang banyak.

5. Jumlah fotosintat (cadangan makanan) pada tumbuhan rendah.

Percobaan fotosintesis dilakukan untuk memahami proses fotosistesis antara lain percobaan Ingenhousz, percobaan Sachs, dan percobaan Engelmann.

1. Ingenhousz

Ilmuwan pendahulunya, yaitu Joseph Priestley mengemukakan bahwa tanaman yang dipaparkan di bawah cahaya akan menghasilkan gas oksigen. Ingenhousz melanjutkan penelitian tersebut, Ingenhousz kemudian membuktikan melalui penelitiannya menggunakan tanaman air (hydrila) yang dimasukkan ke dalam bejana berisi air kemudian ditutup dengan corong terbalik. Beberapa waktu kemudian terlihat gelembung-gelembung yang keluar dari tanaman tersebut. Dari percobaan tersebut diketahui bahwa tanaman mengambil karbondioksida sebagai sumber karbon bagi tumbuhan hijau dan mengeluarkan gas oksigen. Berdasarkan percobaan Ingenhousz tersebut disimpulkan bahwa fotosintesis memerlukan cahaya matahari, dan menghasilkan gelembung-gelembung gas yaitu oksigen. Selain itu diketahui fotosintesis juga dipengaruhi oleh beberapa faktor, antara lain intensitas cahaya, suhu dan ketersediaan karbondioksida.

Baca Juga  Kuda kuda termasuk dalam sikap dasar

2. Sach

Percobaan Sach bertujuan membuktikan bahwa pada fotosintesis memerlukan cahaya dan menghasilkan zat tepung (amilum). Berikut ini cara kerja dalam percobaan Sach:

1. Tutup sebagian permukaan daun dengan alumunium foil, sedangkan sebagian permukaan daun dibiarkan terbuka.

2. Daun yang sudah beberapa saat terkena cahaya matahari dipetik

3. Daun dimasukkan pada air yang mendidih.

4. Kemudian daun dimasukkan pada alkohol panas.

5. Setelah itu akan ditetesi dengan larutan iodium (lugol).

Hasilnya daun yang tidak ditutup alumunium foil akan berwarna biru tua.

Adapun daun yang ditutup dengan alumunium foil akan berwarna tetap (warna lugol).

3. Engelmann

Membuktikan bahwa di dalam fotosintesis diperlukan cahaya dan klorofil. Percobaan Engelmann sebagai berikut:

Pada percobaan ini menggunakan Spirogyra (ganggang hijau) dan bakteri termo (bakteri aerob/membutuhkan oksigen). Dari percobaan tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa:

a. Pada pengamatan dibawah mikroskop terhadap Spirogyra dan bakteri termo (bakteri aerob), ternyata apabila dijatuhkan seberkas cahaya yang mengenai kloroplas spirogyra, akan tampak bakteri termo berkerumun pada daerah berkloroplas yang terkena cahaya tersebut. Hal ini membuktikan bahwa pada bagian tersebut menghasilkan oksigen hasil dari fotosintesis.

b. Namun bila seberkas cahaya tidak mengenai kloroplas, maka tidak banyak ditemukan bakteri termo. Hal ini membuktikan bahwa pada bagian tersebut tidak menghasilkan oksigen atau tidak terjadi fotosintesis.

Detil jawaban

Kelas: 12

Mapel: Biologi

Bab: Metabolisme

Kode: 12.4.2

Kata kunci: fotosintesis, percobaan fotosintesis, faktor fotosintesis

Demikianlah Kunci Jawaban Soal Sekolah Tentang Sebutkan 3 faktor yang mempengaruhi proses fotosintesis Semoga Membantu.