Teori arus balik yang dikemukakan oleh fdk bosch

Inilah Jawaban Soal Pelajaran Tentang Teori arus balik yang dikemukakan oleh fdk bosch

Teori arus balik yang dikemukakan oleh F.D.K Bosch mengemukakan bahwa proses masuknya pengaruh budaya India ke Indonesia terjadi karena peran aktif yang dilakukan oleh….  e. bangsa indonesia
.

Pembahasan

Teori arus balik menyatakan bahwa bangsa di Nusantara belajar agama hindu di India lalu disebarkan kembali di Indonesia. Pada teori ini penduduk bangsawan atau kalangan belajar dari Indonesia ke India dan pada prosesnya mereka mendapat pengaruh ataupun informasi mengenai agama Hindu. Mereka yang sudah beragama hindu tesebut akhirnya kembali ke nusantara dan kemudian mereka menyebarkan Agama Hindu.

Lebih lanjut lagi, menurut FDK Bosch mengatakan bahwa pengenalan Hindu Budha pertama kali memang dibawa oleh orang-orang India. namun mereka menyebarkan ajaran Hindu dan Buddha pada segelintir orang. Sehingga orang-orang Indonesia yang diajarkan tentang agama Hindu dan Buddha ternyata tertarik dan ingin mempelajari kedua agama ini langsung dari negeri asalnya di India dengan ikut menumpang kapal-kapal dagang bangsa Indonesia pada masa itu.

Satu pendapat mengenai teori arus balik adalah berasal dari G. Coedes. Menurutnya, teori arus balik adalah Bangsa Indonesia berkunjung ke India bertujuan untuk mempelajari Hindu dan Buddha. Sekembalinya dari India, mereka membawa pengetahuan tentang agama dan kebudayaan di India dan menyebarkan agama tersebut di Indonesia.

Pelajari lebih lanjut

  1. Materi tentang Telaah kritis teori masuknya kebudayaan Hindu budha di nusantara, pilih Salah satu teori yg sesuai dengan pemahamanmu!  brainly.co.id/tugas/21114518
  2. Materi tentang Jelaskan apa yang dimaksud dengan Teori arus balik  brainly.co.id/tugas/1418435

========================

Detil Jawaban

Kode          : 10.3.3

Baca Juga  Tuliskan cara alat musik berikut menghasilkan bunyi beserta sumber bunyinya

Kelas          : 10 SMA

Mapel         : Sejarah

Bab             : Kerajaan Hindu Buddha di Indonesia

Kata Kunci  : Teori arus balik yang dikemukakan oleh F.D.K Bosch mengemukakan bahwa proses masuknya pengaruh budaya India ke Indonesia terjadi karena peran aktif yang dilakukan oleh….

Demikianlah Jawaban Soal Pelajaran Tentang Teori arus balik yang dikemukakan oleh fdk bosch Semoga Membantu.