Arti nir pada kata nirleka adalah

Inilah Jawaban Soal Sekolah Tentang Arti nir pada kata nirleka adalah

Kata “nir” dalam “nirleka berarti “tidak” atau “tanpa”. Sedangkan kata “leka” berarti “tulisan”. Sehingga “nirleka” berarti adalah “tanpa tulisan” atau “praaksara”.

Zaman Nirleka atau Zaman Praaksara adalah masa dimulai dari munculnya manusia dan berakhir ketika suatu peradaban mulai mengenal sistem tulis menulis.

Pembahasan:  

Zaman praaksara atau prasejarah adalah bagian terawal dalam sejarah manusia. Masa ini diawali dengan munculnya manusia, yang ditandai dengan peninggalan-peninggalan seperti fosil dan peralatan batu.

Zaman ini berlangsung sangat lama dan berakhir ketika manusia menciptakan sistem tulis menulis. Waktu berakhirnya masa ini berbeda-beda antara satu wilayah dengan wilayah lain. Ini karena setiap peradaban memiliki waktu yang berbeda dalam penciptaan atau adopsi sistem tulis menulis.

Mesopotamia dan lembah sungai Nil adalah wilayah yang paling awal mengakhiri masa prasejarah, dengan penemuan tulisan Cuneiform di Sumeria dan tulisan Hieroglyph di Mesir Kuno sekitar 3000 tahun sebelum Masehi. Ini kemudian disusul oleh peradaban China Kuno di lembah sungai Kuning, dan peradaban Maya di Amerika Tengah.

Di Indonesia, masa prasejarah dimulai sekitar 1 juta tahun yang lalu. Ini ditandai dengan fosil peninggalan Homo Erectus yang ditemukan di daerah aliran sungai  Bengawan Solo. Fosil ini ditemukan oleh ilmuwan Belanda Eugene Dubois di Sangiran pada tahun 1891.

Kemudian masa prasejarah di Indonesia berakhir dengan munculnya prasasti-prasasti di masa kerajaan Hindu-Buddha, seperti prasasti Yupa di Kutai, Kalimantan Timur, dan prasasti Kedudukan Bukit di Sumatera Utara. Prasasti-prasasti ini ditulis dengan menggunakan huruf Pallawa yang berasal dari India. Menyebarnya ajaran Hindu  dan Buddha disertai dengan penyebaran budaya India termasuk sistem tulis menulis.

Baca Juga  Pengertian kiamat sugra dan kubra

————————————————————————–

Detail Jawaban  

Kode: 10.3.3

Kelas: X  

Mata pelajaran: Sejarah    

Materi: Bab 3 – Indonesia Zaman Praaksara

Demikianlah Jawaban Soal Sekolah Tentang Arti nir pada kata nirleka adalah Semoga Membantu.