Perjuangan gajah mada mencapai puncaknya pada zaman pemerintahan

Adalah Kunci Jawaban Soal Pelajaran Tentang Perjuangan gajah mada mencapai puncaknya pada zaman pemerintahan

Jawaban:Perjuangan Mahapatih Gadjah Mada mencapai puncaknya pada saat pemerintahan RAJA HAYAM WURUK. Pemerintahan raja berjuluk Maharaja Sri Rajasanagara ini berlangsung mulai tahun 1350 sampai 1389. Pada masa-masa inilah Majapahit berada pada puncak kejayaannya.

Pembahasan

Gadjah Mada pada mulanya hanyalah seorang patih yang kemudian diangkat menjadi seorang Mahapatih atau Menteri Besar dan terakhir menduduki jabatan sebagai Amangkhubumi atau Perdana Menteri pada tahun 1334 Masehi.

Pada tahun tersebut pula Gadjah Mada mengucapkan sebuah ikrar yang dikenal dengan SUMPAH PALAPA. Sumpah ini berisi tekad dari Gadjah Mada yang tak akan menikmati palapa juga rempah-rempah sebelum berhasil menaklukkan wilayah-wilayah di nusantara. Palapa dan rempah-rempah dalam ikrar tersebut mengandung makna kenikmatan dunia.

Ikrar Gadjah Mada ini pada akhirnya terpenuhi sebab hampir semua wilayah di Nusantara tunduk dalam penguasaan Kerajaan Majapahit. Oleh sebab itu, kerajaan ini dinamakan juga sebagai Kerajaan Nasional Kedua, setelah Sriwijaya.

Penjelasan:maaf kalau salah

Demikianlah Kunci Jawaban Soal Ujian Tentang Perjuangan gajah mada mencapai puncaknya pada zaman pemerintahan Semoga Membantu.

Baca Juga  Sumber perekonomian utama brunei darussalam adalah pada sektor