Tujuan bakteri memanfaatkan medan magnet untuk bermigrasi adalah

Adalah Kunci Jawaban Soal Ujian Tentang Tujuan bakteri memanfaatkan medan magnet untuk bermigrasi adalah

Tujuan bakteri memanfaatkan medan magnet untuk bermigrasi adalah… untuk menentukan arah migrasi dan menggerakkan bakteri ini ke arah tujuan

Pembahasan:

Bakteri magnetotaktik (atau MTB) adalah kelompok bakteri yang memiliki kemampuan mengarahkan (mengorientasikan diri) di sesuai dengan medan magnet Bumi.

Kemampuan bakteri ini disebabkan adanya organel pada sel bakteri yang disebut magnetosom, yang mengandung kristal magnetik. Fenomena biologis bergerak sebagai respons terhadap medan magnetik ini dikenal sebagai magnetotaksisis.

Penemuan pertama tentang bakteri magnetotaktik adalah pada tahun 1963 oleh ilmuwan Italia, Salvatore Bellini dari University of Pavia. Saat mengamati sedimen rawa di bawah mikroskopnya, Bellini memperhatikan sekelompok bakteri yang mengarahkan selnya ke arah yang sama. Dia menyadari mikroorganisme ini mengarah dan bergerak sesuai dengan arah Kutub Utara, dan menduga bahwa orientasi ini disebabkan oleh medan magnet Bumi, karenanya dia kemudian menyebut bakteri ini sebagai “bakteri magnetosensitif”.

Kemampuan orientasi dengan medan magnet ini diduga digunakan oleh bakteri untuk menemukan lokasi yang kaya akan oksigen. Dengan medan magent yang merngarahkannya, bakteri ini bisa lebih efisien menemukan dan bermigrasi ke lokasi yang ideal untuk hidup dan berkembang.

Pelajari lebih lanjut    

Sebutkan 5 ciri ciri bakteri?

Detail Jawaban    

Kelas: IX

Kode: 9.6.5

Mata pelajaran: Fisika    

Materi: Bab 5 – Kemagnetan

Kata kunci: Bakteri Magenetotaktis (MTB)

 

Begitulah Jawaban Soal Sekolah Tentang Tujuan bakteri memanfaatkan medan magnet untuk bermigrasi adalah Semoga Membantu.

Baca Juga  Hak kekayaan pemilik merupakan istilah dari