Bagaimana upaya menjaga identitas bangsa indonesia dari ancaman globalisasi

Adalah Kunci Jawaban Soal Pelajaran Tentang Bagaimana upaya menjaga identitas bangsa indonesia dari ancaman globalisasi

Upaya menjaga identitas bangsa Indonesia dari ancaman globalisasi antara lain adalah menggunakan bahasa daerah dan bahasa Indonesia yang benar dalam pergaulan sehari-hari, mengutamakan untuk membeli produk-produk produksi dalam negeri, senantiasa mengamalkan nilai-nilai pancasila dalam kehidupan sehari-hari, dan lain sebagainya. Globalisasi merupakan paham penyeragaman dunia yang ditandai dengan adanya persamaan dalam berbagai bidang kehidupan disemua negara di dunia. Adanya globalisasi menimbulkan dampak positif dan negatif bagi kehidupan manusia.

Pembahasan

Globalisasi merupakan suatu paham penyeragaman dunia. Hal ini terlihat dari adanya persamaan dalam berbagai bidang kehidupan disemua negara di dunia. Bidang-bidang tersebut antara lain adalah sebagai berikut:

  1. Bidang budaya, yaitu dengan penggunaaan bahasa inggris sebagai bahasa internasional.
  2. Bidang komunikasi, yaitu dengan adanya smartphone dan internet yang memudahkan komunikasi antar masyarakat di berbagai belahan dunia.
  3. Bidang ekonomi, yaitu dengan munculnya perdagangan bebas dan adanya perusahaan berskala internasional.
  4. Bidang IPTEK, yaitu dengan adanya mesin, satelit, dan komputer yang memberikan dampak positif pada kehidupan manusia.
  5. Bidang transportasi, yaitu dengan adanya sistem transportasi yang lebih canggih dan cepat seperti pesawat terbang, kereta cepat, dan mobil listrik.

Perlu kamu ketahui bahwa adanya globalisasi memberikan dampak positif dan dampak negatif terhadap kehidupan manusia. Berikut ini merupakan penjelasannya:

  1. Dampak positif, diantaranya adalah meningkatnya perekonomian suatu negara, meningkatnya taraf hidup masyarakat, berkembangnya dunia pariwisata, serta kemudahan dalam berinteraksi antar negara.
  2. Dampak negatif, diantaranya adalah adanya westernisasi, demoralisasi, kesenjangan sosial ekonomi, kriminalitas, dan pencemaran lingkungan.
Baca Juga  Apa yang dimaksud dengan offside

Detil jawaban

Kelas: IX

Mapel: IPS

Bab: Perilaku Masyarakat dalam Perubahan Sosial Budaya di Era Globalisasi

Kode: 9.10.15

#AyoBelajar

Demikianlah Kunci Jawaban Soal Sekolah Tentang Bagaimana upaya menjaga identitas bangsa indonesia dari ancaman globalisasi Semoga Membantu.