Faktor yang mempengaruhi hasil penelitian dinamakan

Inilah Kunci Jawaban Soal Sekolah Tentang Faktor yang mempengaruhi hasil penelitian dinamakan

Faktor yang memengaruhi hasil penelitian dinamakan variabel. alasannya karena variabel adalah hasil-hasil pengamatan yang nantinya akan ditarik kesimpulan.

Pembahasan :

Dalam setiap penelitian, kita akan mempelajari mengenai suatu varibel. Apakah yang dimaksud variabel ini ? Variabel ini adalah pengelompokan lebih lanjut terhadap suatu hasil pengamatan yang dilakukan oleh seorang pengamat. Variabel itu sendiri dikelompokkan menjadi tiga, yaitu :

  • Variabel bebas, yaitu suatu variabel yang nilainya dapat berubah-ubah dalam artian variabel ini dapat memengaruhi variabel lain seperti variabel terikat.
  • Variabel terikat, yaitu suatu variabel yang terikat oleh adanya variabel lain. Variabel inilah yang perubahannya akan dipengaruhi varibel bebas.
  • Variabel terkontrol, yaitu variabel yang baik secara sengaja atau tidak sengaja masuk ke dalam penelitian namun tidak menyebabkan perubahan apapun.

Contoh hasil pengamatan :

Andi sedang memberikan tiga sampel pupuk kimia dengan jenis yang sama ke tiga tanaman yang sama pula. Tidak lupa ia juga menyiramnya dengan takaran air yang sama dan penyinaran matahari yang cukup. Andi memberikan pupuk kepada tanaman A hanya 50 gram, memberikan pupuk kepada tanaman B 200 gram, dan memberikan pupuk ke tanaman C sebanyak 1 kg. Tanaman A kekurangan nutrisi sehingga layu dan perlahan mati; tanaman B tumbuh dengan subur; tanaman C berlebihan nutrisi sehingga banyak rumput pengganggu yang menyebabkan ia tidak leluasa tumbuh dan akhirnya mati. Tentukan varibel bebas, terikat, dan terkontrolnya :

Jawaban :

  • Variabel bebas : pupuk => karena kadar pupuklah yang mempengaruhi tumbuhhnya tanaman.
  • Variabel terikat : pertumbuhan tanaman => karena dipengaruhi oleh adanya variabel bebas.
  • Variabel terkontrol : jenis tanaman, kadar penyiraman, kadar pencahayaan => karena tidak mempengaruhi apapun
Baca Juga  Kata teater berasal dari bahasa yunani yaitu

Pelajari Lebih Lanjut :

Detail Jawaban :

Kelas : 10

Mata Pelajaran : Kimia

Materi : Bab 1 – Pengenalan Ilmu Kimia

Kata Kunci : penelitian; faktor yang memengaruhi peelitian; variabel

Kode Kategorisasi : 10.7.1

#TingkatkanPrestasimu

Demikianlah Jawaban Soal Sekolah Tentang Faktor yang mempengaruhi hasil penelitian dinamakan Semoga Membantu.