Bagaimana kaitan antara perilaku manusia dengan kelangkaan burung cendrawasih

Adalah Kunci Jawaban Soal Ujian Tentang Bagaimana kaitan antara perilaku manusia dengan kelangkaan burung cendrawasih

Kelas: VI
Mata pelajaran: IPA
Materi: Pelestarian Hewan dan Tumbuhan
Kata kunci: cendrawasih

Saya akan mencoba menjawab pertanyaan ini dengan dua jawaban:

Jawaban pendek:

Perilaku manusia yang tidak bertanggung jawab dan merusak lingkungan dapat menyebabkan kelangkaan burung cendrawasih.

Perilaku ini misalnya adalah penebangan hutan habitat burung cendrawasih, dan penangkapan burung cendrawasih secara ilegal untuk peliharaan dan diambil bulunya.

Jawaban panjang:

Cendrawasih adalah burung dari famili Paradisaeidae. Burung cendrawasih memiliki ciri khusus yaitu bulu yang berwarna warni dan memanjang dan yang membentang dari bagian sayap, ekor atau kepala. Sebagian besar burung Cendrawasih hanya hidup pada habitat hutan hujan lebat. Pola makan semua spesies cendrawasih didominasi oleh buah dan serangga. Burung ini hanya bisa ditemui di Pulau Papua dan pulau kecil sekitarnya.

Karena cendrawasih hanya bisa hidup di hutan teopis, burung ini terancam kelesatariannya oleh penebangan hutan. Penebangan hutan akan membuat hilangnya habitat cendrawasih. Mereka tidak bisa bersarang dan tidak bisa menemukan buah-buahan hutan yang merupakan makanan mereka. Karena itu kita harus melestarikan hutan di pulau Papua bila ingin burung Cendrawasih tidak menjadi hewan langka.

Selain kerusakan habitat anacaman kelestarian juga datang dari perdagangan satwa luar. Burung cendrawasih memiliki bulu sangat indah. Akibatnya burung cendrawasih ini banyak diburu sebagai burung pekiharaan, atau sebagai sumber bulu hias. Untuk menjaga kelestarian burung Cendrawasih kita harus menghentikan berbutuan satwa ini.

Begitulah Jawaban Soal Ujian Tentang Bagaimana kaitan antara perilaku manusia dengan kelangkaan burung cendrawasih Semoga Membantu.