Mendapat pendidikan ketentuan dalam uud 1945

Inilah Jawaban Soal Sekolah Tentang Mendapat pendidikan ketentuan dalam uud 1945

Jawaban:

Bunyi dari Pasal 31 ayat (1) Undang-Undang Dasar 1945, yaitu:

“Setiap warga negara berhak mendapatkan pendidikan”. Menurut saya, artikel ini menyatakan bahwa setiap warga negara berhak mendapat pendidikan, namun sering kita jumpai di luar sana banyak anak-anak jalanan yang terlantar yang belum mengenal pendidikan sama sekali.

Hal ini sesuai dengan saya adalah terlampauinya HAM untuk mendapatkan pendidikan. Namun, mendapat pendidikan, mereka malah disuruh bekerja di usia yang sangat dini.

Seharusnya anak-anak jalanan yang terlantar itu bisa mendapatkan apa yang menjadi hak mereka, yaitu hak yang diperoleh pendidikan. Karena masa kecil, masa kanak-kanak mereka yang dihabiskan di bangku sekolah, menjadi sebaliknya. Mereka disuruh bekerja untuk mendapatkan uang dari belajar.

Dalam membahas ini, pemerintah harus mengambil langkah untuk mengatasinya. Misal dengan membangun sekolah di Lingkungan tertentu yang masih sangat kurang pendidikannya. Atau dengan mengirimkan guru-guru ke daerah atau lingkungan tersebut agar mereka bisa terpenuhi hak-haknya.

Pemerintah juga harus meminta hak anak-anak untuk memperoleh pendidikan, contohnya dengan meminta anak-anak untuk belajar, mensosialisasikan pentingnya pendidikan baik kepada orang tua maupun anak tersebut.

Pemerintah juga harus mengubah dengan seksama bagaimana proses perkembangan pendidikan di Indonesia. Upaya tersebut dilakukan untuk mengurangi hak setiap warga negara untuk memperoleh pendidikan.

Jadi, pemerintah harus selalu meminta izin untuk mendapatkan pendidikan yang bisa dilakukan sesigap mungkin dan tetap meminta hukum yang berlaku.

Begitulah Jawaban Soal Ujian Tentang Mendapat pendidikan ketentuan dalam uud 1945 Semoga Membantu.

Baca Juga  Apakah yang dimaksud dengan bahan tekstil