Mengapa saat pubertas perlu menjaga kesehatan alat reproduksi

Adalah Jawaban Soal Pelajaran Tentang Mengapa saat pubertas perlu menjaga kesehatan alat reproduksi

Saat pubertas perlu menjaga kesehatan alat reproduksi adalah karena saat pubertas organ reproduksi sudah matang dan sudah dapat berfungsi, sehingga jika kesehatan alat reproduksi tidak dijaga maka akan menimbulkan gangguan dan penyakit pada alat reproduksi. Gangguan pada alat reproduksi bisa terjadi karena adanya infeksi jamur, bakteri dan virus karena kurang menjaga kebersihan diri serta perilakuk hidup menyimpang. Gangguan pada alat reproduksi dapat menyebabkan berbagai penyakit bahkan kemandulan.

Pembahasan

Kesehatan alat reproduksi haris dijaga dengan cara menjaga kebersihan alat reproduksi. Cara menjaga kebersihan diri pada masa pubertas adalah rajin mandi, rutin mencuci rambut, merawat kesehatan kulit, menjaga kebersihan gigi dan mulut, membersihkan ketiak, mencuci tangan, memperhatikan kesehatan kuku dan menerapkan kebiasaan bersih di toilet. Kebersihan diri pada masa pubertas perlu dijaga agar tubuh tetap sehat dan terbentuk kebiasaan bersih dalam setiap segi kehidupan.

Usia remaja atau usia pubertas merupakan sebutan untuk masa akhil baliq untuk manusia. Terdapat perubahan ciri yaitu ciri primer dan ciri sekunder pada pria maupun perempuan.

Perubahan primer pada perempuan saat memasuki pubertas adalah mulai diproduksinya sel telur dan mengalami menstruasi. Sel telur berisi kromosom X akan diproduksi oleh ovarium dan akan berjalan menuju ke tuba fallopi untuk fertilisasi. Jika tidak terjadi fertilisasi maka sel telur akan luruh bersama dinding rahim yang kita sebut sebagai menstruasi.

Perubahan sekunder pada perempuan saat memasuki pubertas adalah suara yang melengking, panggul membesar, tumbuh payudara dan tumbuh rambut di beberapa tempat.

Baca Juga  Saat ketukan panjang nyanyikan syair lagu dengan nada

Perubahan primer pada pria saat memasuki pubertas adalah mulai diproduksinya sel sperma dan mengalami mimpi basah. Sel sperma berisi kromosom X atau kromosom Y diproduksi di testis kemudian menuju epididimis, vas deferen, vesica seminalis dan dikeluarkan lewat uretra.

Perubahan sekunder pada pria saat memasuki pubertas adalah suara yang membesar, dada membidang, tumbuh jakun dan tumbuh rambut di beberapa tempat.

Detil jawaban

Kelas: 9

Mapel: biologi  

Bab: system reproduksi

Kode: 9.4.3

#AyoBelajar

Demikianlah Jawaban Soal Pelajaran Tentang Mengapa saat pubertas perlu menjaga kesehatan alat reproduksi Semoga Membantu.