Hasil hutan yang diproduksi dari provinsi nusa tenggara timur adalah

Inilah Jawaban Soal Ujian Tentang Hasil hutan yang diproduksi dari provinsi nusa tenggara timur adalah

Hasil hutan yang di produksi dari provinsi Nusa Tenggara Timur adalah  … kayu cendana

Pembahasan:

Pohon cendana (Santalum album), adalah pohon tropis ang berasal dari India, Indonesia (terutama di Nusa Tenggara Timur), dan Asia Tenggara. Tanaman ini dikenal karena bau kayunya yang harum. Pohon ini juga dianggap suci dalam beberapa agama dan minyaknya digunakan dalam berbagai ritual agama.

Tingginya nilai kayu ini telah menyebabkan eksploitasi yang menyebabkan di mana populasi cendana rentan terhadap kepunahan. Ini membuat pentingnya konservasi atau pelestarian cendana.

Cendana digolongkan sebagai spesies “rentan (vulnerable)” oleh International Union for Conservation of Nature (IUCN). Spesies ini terancam oleh eksploitasi berlebihan, kerusakan habitat melalui penggunaan lahan yang berubah, kebakaran hutan, penyakit Spike, dan pembukaan lahan.    

Memproduksi minyak dari kayu cendana yang bernilai komersial membutuhkan waktu yang sangat lama, minimum 15 tahun. Ini membuat tanaman yang tua sangat berharga dan rawan penebangan liar.  

Untuk melestarikan cendana ini, perlu adanya undang-undang yang melindungi tanaman ini. Tanpa adanya perlindungan undang-undang, penebangan liar dan perusakan hutan akan terus berlanjut.    

Karena cendana sangat lama tumbuhnya, maka perlu dilakukan penanaman kembali (reboisasi) secara massal. Dari bibit yang ditanam diharapkan dapat tumbuh cendana baru yang dapat berkembang biak.  

—————————————————————————

Detail Jawaban:

Kode:  5.10.4

Kelas: V  

Mata pelajaran: IPS/Geografi  

Materi: Bab 4 – Jenis Usaha dan Kegiatan Ekonomi di Indonesia

Demikianlah Jawaban Soal Pelajaran Tentang Hasil hutan yang diproduksi dari provinsi nusa tenggara timur adalah Semoga Membantu.