Apa judul puisi tersebut siapakah pengarangnya

Berikut ini Kunci Jawaban Soal Ujian Tentang Apa judul puisi tersebut siapakah pengarangnya

  1. Judul puisi tersebut adalah Hidupku Penuh Warna. Pengarangnya adalah D. Karitas.
  2. Yang dibayangkan ketika membaca judul puisi tersebut adalah kegembiraan/ kebahagiaan.
  3. Isi puisi tersebut adalah tentang perbedaan harapan setiap orang tetapi ingin bersma sama untuk menggapainya harapan tersebut.
  4. Jumlah bait dalam puisi tersebut ada empat (4).
  5. Jumlah baris di setiap baitnya ada empat (4).
  6. Rima pada bait pertama = Rima pasang (a-a-b-b) → (h-h-a-a). Rima pada bait kedua = Rima peluk (a-b-b-a) (h-aah). Rima pada bait ketiga = Rima silang (a-b-a-b) (n-a-n-a). Rima pada bait keempat = Rima acak (a-b-c-d) (a-t-h-i).

PEMBAHASAN

Pengertian Judul Puisi dan Pengarang

Judul puisi tersebut adalah Hidupku Penuh Warna. Pengarangnya adalah D. Karitas. Judul puisi terletak di bagian teratas puisi tersebut. Judul puisi setiap kata nya diawali dengan huruf kapital. Misalnya judul puisi Hidupku Penuh Warna, bukan Hidupku penuh warna. Sedangkan siapa pengarangnya terletak di bagian bawah dari judul puisi. Dalam puisi tersebut, nama pengarangnya tepat di bawah judul puisi tersebut. Pengarang adaIah orang yang mengarang atau membuat puisi tersebut.

Perasaan dan Isi Puisi Tersebut

Puisi mengandung perasaan sendiri-sendiri. Ada yang mengandung perasaan sedih, gembira, kecewa, putus asa, bingung, semangat, dan lain sebagainya. Perasaan puisi dapat dilihat dari isi puisi tersebut. Adapun saat membaca puisi tersebut kita harus membacanya dengan perasaan yang tepat. Misalnya isi puisi tersebut mengandung kesedihan, maka logat kita juga harus sedih agar pendengar mendapatkan feel/ rasa dari puisi yang kita bacakan.

Baca Juga  Jumlah wasit dalam permainan sepak bola

Pengertian Bait dan Baris

Bait adalah jumlah baris di dalam puisi/ teks. Maka, bait dapat dihitung melalui jumlah baris yang ada di teks yang dibaca. Umumnya, bait tersusun secara harmonis dan menyerupai paragraf dalam sastra bebas. Bait tidak hanya ada pada puisi, melainkan bisa juga ada di pantun. Baris adalah setiap KaIimat/ frasa yang ada di dalam puisi. Seperti penjelasan diatas, baris dapat disusuh menjadi sebuah bait.

Pengertian Rima

Rima adaIah pengulangan bunyi pada setiap akhir baris yang ada di setiap bait pada puisi. Rima dapat ditemukan pada Iarik, sajak ataupun Iarik dan sajak yang saIing berdekatan. Seperti jawaban nomor 6 diatas, ada beberapa rima di dalam puisi Hidupku Penuh Warna ini. Yaitu Rima pasang (a-a-b-b). Rima peluk (a-b-b-a). Rima silang (a-b-a-b). Rima acak (a-b-c-d).

Pelajari Lebih Lanjut

Detail Jawaban

Mapel: Bahasa Indonesia

Kelas: 8

Materi: BAB 1 – Sastra

Kata Kunci: Puisi, rima, bait, baris, isi, pengarang

Kode Soal: 1

Kode Kategorisasi: 8.1.1

#TingkatkanPrestasimu

Demikianlah Kunci Jawaban Soal Ujian Tentang Apa judul puisi tersebut siapakah pengarangnya Semoga Membantu.