Salah satu faktor eksternal penyebab pelanggaran ham adalah

Inilah Kunci Jawaban Soal Sekolah Tentang Salah satu faktor eksternal penyebab pelanggaran ham adalah

HAM adalah seperangkat hak yang melekat dalam diri setiap insan manusia sejak ia lahir dan tidak dapat dipisahkan dari identitasnya sebagai manusia.

Pembahasan

Pada kesempatan ini, soal meminta kita untuk menyajikan delapan faktor eksternal penyebab pelanggaran HAM. Berikut kakak akan mencoba menjawab pertanyaan tersebut.

Faktor eksternal penyebab pelanggaran HAM

  1. Tidak berjalannya penegakan hukum. Akibatnya tidak ada kepastian hukum di masyarakat dan masyarakat merasa bebas melakukan pelanggaran HAM.
  2. Struktur politik dan sosial yang menciptakan peluang terjadinya pelanggaran HAM. Akibat kesalahan pada kedua struktur tersebut, muncul masalah sosial yang mendorong pelanggaran HAM.
  3. Kesenjangan ekonomi. Kesenjangan ekonomi mampu memicu tindakan kriminal dan berdampak pada pelanggaran HAM.
  4. Penyalahgunaan teknologi. Penyalahgunaan teknologi akibat tidak ada kontrol yang jelas mendorong pelanggaran HAM.
  5. Pemahaman HAM yang kurang jelas. Akibatnya, masyarakat beranggapan bahwa perlindungan HAM tidak perlu dan pelanggaran HAM bukanlah kejahatan.
  6. Adanya oknum yang mendorong pelanggaran HAM. Hasutan dari pihak lain dapat mendorong masyarakat melakukan pelanggaran HAM.
  7. Penyalahgunaan kekuasaan. Hal ini dapat memicu ketidakpuasan di masyarakat sehingga memicu aksi anarkis yang berujung pada pelanggaran HAM orang lain.
  8. Lembaga penegak hukum kurang berfungsi. Akibatnya, masyarakat merasa dapat bertindak sendiri dan di luar hukum. Hal ini dapat berujung pada pelanggaran HAM.

Pelajari lebih lanjut

Pada materi ini, kamu dapat belajar tentang pelanggaran HAM:

Detil jawaban

Kelas: SMA

Mata pelajaran: PPKn

Bab: –

Kode kategori: –

Kata kunci: pelanggaran HAM

Begitulah Jawaban Soal Sekolah Tentang Salah satu faktor eksternal penyebab pelanggaran ham adalah Semoga Membantu.