Bhinneka tunggal ika berasal dari bahasa

Berikut ini Jawaban Soal Sekolah Tentang Bhinneka tunggal ika berasal dari bahasa

Kata Bhinneka Tunggal ika barasal dari bahasa … Sansekerta. Kata ini pertama digunakan dalam Kakawin Sutasoma karya Mpu Tantular

Pembahasan:

Bhinneka Tunggal Ika” adalah semboyan nasional bangsa Indonesia. Frase ini berarti “Berbeda-beda namun satu”. Frase ini pertama kali ditemukan dalam Kakawin Sutasoma, sebuat kakawin atau cerita yang dikarang pada masa raja Rajasanegara (Hayam Wuruk) dari kerajaan Majapahit.

Kakawin Sutasoma karya Mpu Tantular adalah kakawin yang berisi cerita yang mengajarkan nilai-nilai agama Buddha. Frase Bhinneka Tunggal Ika dalam kakawin ini digunakan untuk menyatakan bahwa ajaran Jina (Buddha) dan Siwa (Hindu) meskipun berbeda namun sebenarnya sama-sama mengajarkan pada kebenaran yang sama.

Frase “Bhinneka Tunggal Ika” ini menjadi bagian dari lambang negara, Garuda Pancasila, sejak dari desin yang dibuat oleh Sultan Hamid II dari Pontianak, yang kemudian disempurnakan oleh Presiden Soekarno, dan diresmikan pemakaiannya sebagai lambang negara pertama kali pada Sidang Kabinet Republik Indonesia Serikat tanggal 11 Februari 1950.  

————————————————————————–

Detail Jawaban    

Kode: 6.9.1  

Kelas: VI

Mata Pelajaran: PPKN      

Materi: Bab 1 – Nilai-nilai Juang dalam Proses Perumusan Pancasila

Demikianlah Jawaban Soal Pelajaran Tentang Bhinneka tunggal ika berasal dari bahasa Semoga Membantu.

Baca Juga  Kunci pertama yang harus dikuasai dalam lari jarak pendek yaitu