Jelaskan makna dari berpikir global bertindak lokal berikan contoh

Berikut ini Jawaban Soal Sekolah Tentang Jelaskan makna dari berpikir global bertindak lokal berikan contoh


pertanyaan

Jelaskan makna dari berpikir global, bertindak lokal, dan berikan contohnya!

Makna dari berpikir global, bertindak lokal adalah…

Memiliki arti sempit yaitu dapat membuka pikiran untuk mengenal dan mengikuti perkembangan dunia tetapi tetap bertindak menurut budaya sendiri.

pembahasan

Ketika kita berpikir secara global, kita jadi lebih terbuka untuk melihat dunia luar dan memperluaa wawasan. Sehingga kehidupan kita akan mengikuti perkembangan zaman yang sedang terjadi.

Nah, sebagai warga masyarakat, terutama di Indonesia, kita dituntut bisa menyaring hal-hal yang kita dapatkan dari dunia luar.
Kita harus mampu memfilter mana yang baik dan mana yang tidak.
Sehingga kita dapat menerapkan yang baik tanpa harus terkena dampak negatif dari dunia luar.

Contohnya mudah, misalnya di dalam negeri, kita memelihara budaya tradisional masyarakat tiap daerah, tetapi hal tersebut bisa saja luntur karena dimasuki budaya luar yang dinilai lebih ‘modern'(lebih keren) dan tidak kuno. Istilah ‘tidak ketinggalan zaman’.
Padahal melestarikan budaya daerah sendiri sangat penting. Jika tidak dilestarikan, maka generasi berikutnya hanya sedikit yang memahami, atau malah tidak ada sama sekali.

Sebagai masyarakat Indonesia, kita juga dituntut menggunakan Pancasila sebagai filter utama terhadap hal-hal yang masuk dari dunia luar.
Pancasila telah menyediakan filter yang sangat pas dengan tetap mengizinkan perkembangan zaman tanpa kehilangan moral dan persatuan.

pelajari \: lebih \: lanjut

Sikap berpikir global bertindak lokal:
brainly.co.id/tugas/4324917
brainly.co.id/tugas/18790465

detil \: jawaban

Kelas: VI SD
Mapel: PPKn
Bab: Berpikir Global
Kode Soal: 9
Kode Kategorisasi: [5.9]Kata Kunci: perkembangan zaman, berpikir global, pancasila

#OptiTeamCompetition

Begitulah Jawaban Soal Sekolah Tentang Jelaskan makna dari berpikir global bertindak lokal berikan contoh Semoga Membantu.