Sebutkan teknik yang digunakan untuk membuat kerajinan

Adalah Jawaban Soal Sekolah Tentang Sebutkan teknik yang digunakan untuk membuat kerajinan

Jawaban:

1.   Teknik Coil ( Lilit Pilin )

Cara pembentukan dengan tangan langsung seperti coil, lempengan atau pijat jari meupakan teknik pembentukan tanah liat yang bebas untuk membuat bentuk-bentuk yang diinginkan. Bentuknya tidak selalu simetris.

2. Teknik Putar

Teknik pembentukan menggunakan alat putar bisa menghasilkan banyak bentuk yang simetris (bulat, silindris) dan bervariasi. Perajin keramik tradisional umumnya menggunakan alat putar kaki (kick wheel). Para perajin bekerja di atas alat putar dan menghasilkan bentuk-bentuk yang sama seperti gentong dan guci

3.   Teknik Cetak

Ada dua teknik pembentukan karya kerajinan dari bahan lunak yaitu: sekali cetak (cire verdue), dan cetak berulang. Bahan cetakan yang biasa dipakai ialah gips, seperti untuk cetakan berongga, cetakan padat, cetakan jigger maupun cetakan untuk dekorasi tempel. Cara ini digunakan pada pabrik-pabrik keramik dengan produksi massal, seperti alat-alat rumah tangga

4. Teknik menganyam

dapat digunakan untuk pembuatan karya kerajinan dari bahan lunak dengan karakteristik tertentu. Bahan baku yang digunakan untuk membuat karya kerajinan menggunakan teknik menganyam ini berasal dari berbagai tumbuhan yang diambil seratnya, seperti rotan, bambu, daun lontar, daun pandan.

5.   Teknik Menenun

pada dasar nya hampir sama dengan teknik menganyam, perbedaannya hanya pada alat yang digunakan. Untuk anyaman, kita hanya cukup melakukannya dengan tangan (manual) dan hampir tanpa menggunakan alat bantu apapun, sedangkan pada kerajinan menenun kita menggunakan alat bantu, sedangkan pada kerajinan menenun kita menggunakan alat yang disebut lungsin dan pakan.

6.   Membordir

Bordir merupakan hiasan dari benang pada kain. Istilah lain yang hampir sama dengan bordir adalah sulam.

Baca Juga  Buah dari tercetusnya sumpah pemuda bagi bangsa indonesia adalah

7.     Teknik Mengukir

merupakan kegiatan menggores, memahat dan menoreh pola pada permukaan benda yang diukir.

Pada umumnya, teknik mengukir diterapkan pada bahan kayu. Namun teknik ini dapat pula diterapkan pada bahan lunak lain seperti sabun padat dan lilin.

Demikianlah Kunci Jawaban Soal Ujian Tentang Sebutkan teknik yang digunakan untuk membuat kerajinan Semoga Membantu.