Skema desain pembangunan sebuah jaringan komputer dikenal dengan istilah

Berikut ini Kunci Jawaban Soal Sekolah Tentang Skema desain pembangunan sebuah jaringan komputer dikenal dengan istilah

Skema desain pembangunan sebuah jaringan komputer dikenal dengan istilah topologi jaringan ( B ).  Topologi ini disusun dengan pertimbangan atas janngkauan wilayah jaringan, rencana biaya dan jumlah komputer yang terkait. Topologi sendiri menghubungkan tiga unsur utama dalam suatu jaringan komputer yaitu link, station dan node.

Pembahasan

Topologi jaringan komputer terdiri dari beberapa macam, seperti salah satunya adalah topologi ring. Topologi ini merupakan yang paling simpel dan tidak membutuhkan biaya besar, akan tetapi, akan rawan dengan masalaah koneksi dann proses mengatasinya. Selain itu, ada topologi bus yang menggunakan kabel coaxial sebagai media transmisinya. Topologi bus juga topologi yang sederhana dan mudah bila ada tambahan komputer, namun, peluang terjadinya masalah transmisi masih besar karena faktor tabrakan arus data. Berikutnya adalah topologi star, topologi ini yang paling banyak digunakan karena fleksibel dan kemudahan dalam penangannan masalah didalamnya. Namun, karena lebih boros kabel, biaya instalasi lebih mahal.

Topologi yang lebih rumit yakni topologi mesh. Topologi ini menggunakan beberapa cabang didalamnya sehingga memiliki bandwith yang lebih besar dan lebih aman. Sama seperti star, topologi ini juga boros kabel sehingga instalasi lebih sulit dan mahal. Yang terakhir ada topologi tree. Jika kita membayangkan pohon keluarga, jaringan ini mirip karena tersusun secara hierarkis dan dapat lebih luas, namun jika terjadi masalah pada tingkatan atas, hal ini akan menimbulkan efek domino pada jaringan dibawahnya. selain itu, kecepatan transmisi data lebih lambat pada jaringan ini.

Baca Juga  Pada saat menerima tongkat estafet penerima harus menjulurkan tangannya ke

Pelajari Lebih Lanjut :

1. Jaringan peer to peer

2. Komponen jaringan komputer

Detil Jawaban :

Mata Pelajaran : TIK

Materi : Bab 2 – Dasar-Dasar Sistem Jaringan

Kelas : 9 SMP

Kode Kategorisasi : 9 . 11 . 2

Kata Kunci : jaringan komputer, topologi

Begitulah Kunci Jawaban Soal Ujian Tentang Skema desain pembangunan sebuah jaringan komputer dikenal dengan istilah Semoga Membantu.