Peristiwa yang dapat menimbulkan pecahnya persatuan bangsa indonesia

Berikut ini Jawaban Soal Ujian Tentang Peristiwa yang dapat menimbulkan pecahnya persatuan bangsa indonesia

           Contoh berita peristiwa yang dapat menimbulkan pecahnya persatuan bangsa Indonesia adalah Kelompok Separatis Bersenjata di Papua.

Pembahasan

           Pertanyaan yang adik ajukan merupakan pertanyaan yang terdapat dalam buku PPKn, Kelas X, Bab 5 – Integrasi Nasional dalam Bingkai Bhinneka Tunggal Ika, Tugas Mandiri 5.1, Halaman 147. Berikut penjelasannya :

NAMA PERISTIWA

           Kelompok Separatis Bersenjata di Papua.

PENYEBAB PERISTIWA

           Terbentuknya gerakan kelompok separatis bersenjata yang terjadi di Papua, memiliki beberapa penyebab, diantaranya  :

  • PT Freeport yang tidak kunjung ditutup oleh Indonesia, yang justru malah mengizinkan PT Freeport guna memperpanjang kontrak di Indonesia.
  • Perekonomian dan keadaan infrastruktur yang tidak merata antara Indonesia bagian Timur dengan Indonesia bagian tengah dan barat.
  • Lunturnya kepercayaan terhadap pemerintah, sehingga menjadikan kelompok separatis ini menginginkan TNI ditarik keluar dari Papua dan kemudian diganti dengan Pasukan Keamanan PBB.
  • Banyaknya pejabat yang menyelewengkan dana pembangunan Papua untuk kepentingan Individu, hal ini menjadikan masyarakat Papua semakin menderita.

PENDAPAT KAKAK UNTUK MENCEGAH DAN MENGATASINYA

           Pendapat kakak, sangat disayangkan bahwa kelompok separatis kembali muncul di Indonesia. Sudah seharusnya pemerintah meningkatkan kualitas tindakan preventif, seperti dengan pemerataan perekonomian, peningkatan kualitas pendidikan, serta pengembangan infrastruktur di wilayah Indonesia bagian timur, sehingga benih-benih kelompok separatis di Indonesia dapat diminimalisir. Selain itu kakak juga sangat mengapresiasi akan kesigapan TNI sehingga para sandera dapat dibebaskan dan adanya kelompok separatis dapat diatasi.  

Baca Juga  Pemain penyerang dalam permainan bola voli disebut

Pelajari Lebih Lanjut :

  1. Gerakan separatis bersenjata yang pernah terjadi dalam sejarah Indonesia, baca di brainly.co.id/tugas/13953814
  2. Peristiwa sejarah yang dapat mengancam integrasi nasional dan mendukung terselenggaranya integrasi nasional, baca di brainly.co.id/tugas/13880511
  3. Ancaman , tantangan , hambatan, gangguan dalam bidang ideologi, politik, ekonomi, sosial budaya, pertahanan keamanan, agama, baca di brainly.co.id/tugas/173564  

Detail Jawaban

Kelas          : X

Mapel         : PPKn

Bab           : Kelas 10 PPKn Bab 5 – Integrasi Nasional dalam Bingkai Bhinneka Tunggal Ika

Kode         : 10.9.5

Kata Kunci : Pemberontakan, Gerakan Separatis, Kelompok Separatis Bersenjata di Papua, Kelompok Radikal dan Terorisme di Papua.

Demikianlah Kunci Jawaban Soal Pelajaran Tentang Peristiwa yang dapat menimbulkan pecahnya persatuan bangsa indonesia Semoga Membantu.