Salah satu upaya pemerintah dalam menangani pemanasan global yaitu

Inilah Kunci Jawaban Soal Ujian Tentang Salah satu upaya pemerintah dalam menangani pemanasan global yaitu

Upaya pemerintah dalam menangani pemanasan global adalah melakukan penghijauan dengan membuat hutan kota, membuat taman kota, reboisasi, gerakan sejuta pohon, membuat peraturan tentang perlindungan hutan, membuat peraturan tentang pembatasan jumlah kendaraan bermotor, membuat mobil listrik dan lain sebagainya. Pemanasan global dapat diminimalkan dengan mengurangi gas rumah kaca berupa karbondioksida hasil pembakaran bahan bakar fosil yang digunakan oleh kendaraan bermotor serta pabrik. Untuk mengurangi jumlah karbondioksida, maka perlu adanya pengurangan pemakaian bahan bakar fosil untuk bahan bakar serta menambah jumlah pohon yang dapat menyerap karbondioksida.

Pembahasan

Pemanasan global atau global warming merupakan gejala peningkatan suhu rata-rata di seluruh permukaan bumi. Kenaikan suhu permukaan bumi ini terjadi selama beberapa tahun dan diperkirakan akan terus mengalami kenaikan sampai pada waktu yang belum dapat diperkirakan.  

Kenaikan suhu permukaan bumi ini terjadi akibat adanya kumpulas gas karbondioksida pada lapisan tertentu atmosfer. Karbondioksida tersebut merupakan hasil dari aktivitas manusia misalnya pembakaran bahan bakar fosil oleh kendaraan bermotor, pabrik, dan lain sebagainya.  

Jumlah karbondioksida yang terus meningkat ini akan terakumulasi di lapisan atmosfer dan akan mengakibatkan efek rumah kaca. Panas matahari yang sampai ke bumi seharusnya dapat dikeluarkan dari bumi menuju ke luar bumi, namun karena adanya kumpulan gas karbondioksida ini, maka panas yang dikeluarkan dari bumi akan dipantulkan kembali ke bumi sehingga akan membuat bumi menjadi semakin panas.  

Salah satu usaha untuk mencegah global warming semakin parah yaitu antara lain dengan menanam pohon sebanyak mungkin karena pohon akan menyerap karbondioksida dalam proses fotosintesis. Mengganti mesin kendaraan dengan tenaga listrik juga dapat menurunkan angka penggunaan bahan bakar fosil sehingga dapat mengurangi gas karbondioksida yang dihasilkan. Selain itu diupayakan adanya penjernih udara pada cerobong asap pabrik. Penjernih udara ini meminimalkan zat pencemar udara yang berasal dari kegiatan di dalam pabrik agar tidak menambah pencemaran udara dan meinimalkan efek merugikan.

Baca Juga  Kegiatan yang dilakukan manusia bisa berdampak pada lingkungan apa maksudnya

Kampanye penanaman pohon serta penggantian mesin kendaraan ini sangat marak dilakukan oleh berbagai Negara atas dasar kesadaran bahwa jika suatu saat suhu bumi akan semakin panas sehingga akan mengakibatkan kematian missal penduduk bumi.  

Pada saat pembakaran bahan bakar fosil secara sempurna dan tidak sempurna maka akan dihasilkan gas buang berupa karbondioksida, karbon monoksida, sulfur oksida, nitrogen oksida dan partikel lainnya. Penggunaan mesin pendingin berbahan Freon juga akan menghasilkan gas buang berupa CFC yang berbahaya bagi lingkungan.  

Efek dari polusi udara ada bermacam-macam seperti pada uraian berikut ini.  

Pencemaran akibat dari karbon dioksida menyebabkan:  

  1. efek rumah kaca  
  2. pemanasan global  
  3. mencairnya es di kutub sehingga hewan hewan seperti beruang kutub kehilangan tempat tinggal  
  4. naiknya permukaan air laut sehingga pulau kecil banyak yang tenggelam  
  5. perubahan iklim yang menjadi tidak dapat di prediksi sehingga akan menyebabkan bencana alam seperti kekeringan atau banjir  
  6. terjadinya banyak badai yang menyerang berbagai Negara dan mengakibatkan kerusakan material serta korban jiwa yang tidak sedikit  

Pencemaran akibat dari karbon monoksida menyebabkan:  

  1. terganggunya sistem pernapasan  
  2. kurangnya oksigen dalam tubuh sehingga akan menyebabkan mati lemas  
  3. hemoglobin lebih suka mengikat karbon monoksida dibanding mengikat oksigen.  

Pencemaran akibat dari sulfur oksida maupun nitrogen oksida menyebabkan:  

  1. hujan asam yang akan membuat kulit iritasi saat tertimpa hujan asam  
  2. perairan menjadi asam sehingga hewan air dan tumbuhan air menjadi mati  
  3. tanah menjadi asam sehingga tidak dapat ditanami atau tanah menjadi tidak subur  
  4. besi pada bangunan menjadi korosi sehingga bangunan akan menjadi rapuh  
Baca Juga  Keuntungan bahan pangan yang diolah menjadi bahan pangan setengah jadi

Pencemaran akibat dari Cloro Fluoro Carbon menyebabkan:  

  1. lubang pada lapisan ozon  
  2. radiasi sinar uv lebih banyak sampai ke bumi  
  3. kanker kulit  
  4. turunnya imunitas  

Detil jawaban  

Kelas: VII  

Mapel: biologi  

Bab: pencemaran lingkungan  

Kode: 7.4.9  

#AyoBelajar

Begitulah Kunci Jawaban Soal Pelajaran Tentang Salah satu upaya pemerintah dalam menangani pemanasan global yaitu Semoga Membantu.