Pada porifera air yang mengandung bahan makanan masuk melalui

Berikut ini Kunci Jawaban Soal Pelajaran Tentang Pada porifera air yang mengandung bahan makanan masuk melalui

Pada porifera, air yang mengandung bahan makanan masuk melalui ostium (pori-pori)

Pembahasan

Porifera (Latin:”berpori”) atau Spons adalah organisme multiseluler, yang mempunyai banyak pori sehingga air dapat melewatinya. Tubuh mereka terdiri dari mesohil yang diapit dua lapisan tipis sel. Spons memiliki sel yang tak terspesialisasi (tdk memiliki tugas khusus) dan dapat berubah menjadi tipe sel lain serta dapat berpindah antara lapisan sel utama dan mesohil. Spons tidak memiliki sistem saraf, pencernaan maupun sistem peredaran darah. Sebaliknya, sebagian besar mengandalkan aliran air melalui pori-pori tubuh mereka untuk mendapatkan makanan dan oksigen dan untuk membuang limbah.

Ciri-ciri porifera adalah sebagai berikut…

  • Hewan yang bersel banyak (metazoa) yang paling sederhana atau primitif
  • Sebagian besar hidup di laut dangkal dengan kedalaman sekitar 3,5 meter
  • Bentuk tubuh porifera menyerupai vas bunga/piala dan melekat pada dasar perairan
  • Tubuhnya terdiri dua lapisan sel (diploblastik) dengan lapisan luarnya (epidermis) yang tersusun atas sel-sel yang memiliki bentuk pipih, disebut dengan pinakosit.
  • Pada epidermis yang terdapat porus/lubang kecil yang disebut dengan ostia yang dihubungkan oleh saluran ke rongga tubuh (spongocoel)
  • Lapisan dalamnya tersusun dari sel-sel yang berleher dan berflagel yang disebut dengan koanosit yang berfungsi untuk mencernakan makanan
  • Di dalam mesoglea terdapat juga beberapa jenis sel, yaitu sel amubosit, sel skleroblas, sel arkheosit.
  • Di antara epidermis dan koanosit memiliki lapisan tengah yang berupa bahan kental yang disebut dengan mesoglea atau mesenkin
  • Sel amubosit atau amuboid yang berfungsi untuk mengambil makanan yang telah dicerna di dalam koanosit. Sel skleroblasnya berfungsi dengan membentuk duri (spikula) atau spongin. Spikula terbuat dari kalsium karbonat atau silikat
  • Spongin tersusun dari serabut-serabut spongin yang lunakm berongga dengan membentuk seperti spon.
  • Sel arkheosit berfungsi sebagai sel reproduktif, misalnya pembentuk tunas, pembentukan gamet, pembentukan bagian-bagian yang rusak dan regenerasi.
Baca Juga  Gerigi sepeda diberi minyak dengan maksud

STRUKTUR TUBUH PORIFERA

Kelompok porifera terdiri atas sekitar 10.000 spesies, dan kebanyakan hidupnya air laut dan air tawar. Ciri khas porifera adalah memiliki lubang atau pori (spongosol) di seluruh bagian tubuhnya, lubang tersebut berfungsi sebagai tempat masuknya air untuk sumber makanan dan oksigen. Tubuh Porifera disusun oleh sel berongga yang belum membentuk jaringan sejati, oleh karena itu sering pula disebut hewan spons. Kerangka tubuh filum ini disusun oleh serabut-serabut halus dari zat kapur yang juga membentuk seperti spons (Spongin). Kebanyakan dari porifera merupakan hewan hermafrodit, yaitu memiliki dua alat kelamin, jantan dan betina, dalam satu tubuh. Tempat masuknya pori-pori air pada porifera disebut ostinum, sedangkan tempat keluarnya makanan dan air disebut oskulum.

Tubuh Porifera dilapisi oleh dua lapisan jaringan (dipoblastik), yaitu lapisan luar (Ektodermis) dan lapisan dalam (Endodermis).

Spons dapat dibagi berdasarkan struktur rangkanya

  • Calcarea : Disebut juga spons kapur, karakteristiknya adalah spikula yang terbuat dari kalsium karbonat dalam bentuk mineral kalsit dan aragonit.
  • Hexactinellida : Disebut juga spons kaca, karakteristiknya adalah spikula yang tersusun dari silika (kaca).
  • Demospongiae: 80% dari semua spons di dunia merupakan anggota kelas ini, rangkanya terbuat spikula dan benang spongin.
  • Homoscleromorpha: Sebelumnya bagian dari Demospongiae, tetapi baru-baru ini diakui sebagai kelas tersendiri, tidak ada perbedaan mendasar dengan demospongia, tetapi hanya berbeda secara genetik

Dalam berbagai buku pelajaran, Sclerospongia (spons karang) masih dianggap sebagai kelas tersendiri karena karakteristiknya yang berbeda dengan spons lainnya, yaitu memiliki rangka luar dari kalsium karbonat sehingga bentuknya mirip karang seperti namanya, akan tetapi secara genetik Sclerospongia dapat dimasukkan dalam Calcarea atau Hexactinellida.

Pelajari Lebih Lanjut

  1. Materi tentang porifera brainly.co.id/tugas/2606305
  2. Materi tentang contoh spesies porifera brainly.co.id/tugas/5390958
  3. Materi tentang struktur dan gambar porifera brainly.co.id/tugas/5735354
Baca Juga  Pada pertumbuhan ayam terjadi perubahan

—————————-

Detil Jawaban

Kelas: 10

Mapel: Biologi

Bab: 3

Kode: 10.4.3

Kata Kunci: porifera, ostium, pori-pori. bahan makanan

Begitulah Kunci Jawaban Soal Pelajaran Tentang Pada porifera air yang mengandung bahan makanan masuk melalui Semoga Membantu.