Apa saja manfaat dari dilakukannya penilaian terhadap kinerja kementrian negara

Berikut ini Jawaban Soal Ujian Tentang Apa saja manfaat dari dilakukannya penilaian terhadap kinerja kementrian negara

Jawaban :

Apa saja manfaat dari dilakukannya penilaian terhadap kinerja kementerian negara ?

Pembahasan :

Pemerintah merupakan salah satu unsur konstitutif (mutlak) berdirinya sebuahnegara, selain dari rakyat dan wilayah. Pemerintah bertugas menyelenggarakan pemerintahan negara, atau dengan kata lain mengelola kekuasaan negara untuk mencapai cita-cita dan tujuan negara. Pemerintahlah yang mempunyai kewenangan untuk mengatur seluruh rakyat dan menjaga keutuhan wilayah negara untuk mencapai kemakmuran rakyat. Pemerintahan Negara Kesatuan Republik Indonesia sebagai pemegang kekuasaan negara terdiri atas dua tingkatan, yaitu Pemerintahan Pusat dan Pemerintahan daerah. Dalam arti luas, Pemerintahan Pusat dilaksanakan oleh setiap lembaga negara yang tugas dan kewenangannya sudah diatur dalam UU “Negara Republik Indonesia Tahun 1945 serta peraturan perundang-undangan yang lainnya, sedangkan dalam arti sempit Pemerintahan Pusat dilaksanakan oleh lembaga eksekutif, yaitu Presiden, Wakil Presiden, Kementerian Negara dan Lembaga Pemerintahan Non-Kementerian

Temasuk penilaian terhadap kinerja yang dilakukan oleh menteri – menteri negara Indonesia. Lalu apa manfaatnya jika dilakukan penilaian terhadap kinerja menteri – menteri di Indonesia. Dari penilaian kinerja yang dilakukan, mampu menjadikan masyarakat Indonesia lebih berperan aktif dalam menuangkan aspirasi mereka terhadap kinerja atau tugas – tugas yang dilakukan oleh kementrian negara. Selain itu bisa dijadikan bahan evaluasi untuk kementrian negara, supaya menjadi lebih baik lagi dalam menjalankan tugasnya dan dapat mewujudkan apa yang diharapkan oleh masyarakat. Dengan begitu, masyarakat akan mengerti bagaimana kinerja menteri yang baik dan sesuai dengan aturan undang – undang yang berlaku.

Kelas : XII SMA

Mapel : PPKN

Kategori : Penyelenggaraan Kekuasaan Negara

Baca Juga  Sebutkan tiga hak anak di rumah

Kata Kunci : Penilaian kinerja menteri negara

Demikianlah Jawaban Soal Sekolah Tentang Apa saja manfaat dari dilakukannya penilaian terhadap kinerja kementrian negara Semoga Membantu.