Unsur periode ketiga yang terdapat bebas dialam adalah

Berikut ini Kunci Jawaban Soal Ujian Tentang Unsur periode ketiga yang terdapat bebas dialam adalah

Mata pelajaran : Kimia
Kelas : XII SMA
Kategori : Kimia unsur
Kata kunci : kelimpahan unsur periode 3
Jawaban : E
Unsur periode 3 yang keberadaannya di alam dapat ditemukan secara bebas yaitu unsur belerang (S) dan argon (Ar). Unsur belerang banyak ditemukan di kawah-kawah gunung berapi. Unsur argon ditemukan dengan wujud gas monoatomik yabg berasa di udara sekitar 0,15 %.

Penjelasan :
Unsur-unsur di alam lebih banyak ditemukan dalam bentuk senyawa dibandingkan dalam keadaan bebas. Unsur-unsur gas mulia terdapat dalam bentuk bebas sebagai gas monoatomik. Unsur-unsur gas mulia termasuk dalam 90 jenis unsur yang terdapat di alam, sedangkan sisanya merupakan unsur buatan seperti plutonium dan amerisium. Beberapa unsur logam dapat ditemukan dalam keadaan bebas maupun dalam bentuk senyawa seperti emas, perak, platina, dan tembaga. Unsur nonlogam juga ada yang dalam keadaan bebas dan dalam bentuk senyawa seperti oksigen, belerang, nitrogen, dan karbon.

Dalam sistem periodik unsur pada periode ketiga, terdapat delapan unsur yaitu natrium (Na), magnesium (Mg), aluminium (Al), silikon (Si), fosfor (F), belerang (S), klorin (Cl) dan argon (Ar). Unsur periode ketiga di alam banyak terdapat dalam bentuk mineral logam atau senyawaan dan dalam bentuk unsur bebas. Unsur logam seperti natrium dan magnesium berada dalam bentuk senyawaan. Unsur aluminium, silikon dan fosfor ditemukan dalam bentuk mineral seperti Al2O3, SiO2, Ca3(PO4)2 dan Na3AlF6. Unsur belerang banyak ditemukan dalam keadaan bebas sebagai kristal S8. Unsur klor ditemukan dalam bentuk molekul diatomik Cl2. Unsur argon ditemukan bebas di alam dalam bentuk gas monoatomik.

Baca Juga  Teknik memasak dengan memakai sedikit minyak disebut

Demikianlah Kunci Jawaban Soal Ujian Tentang Unsur periode ketiga yang terdapat bebas dialam adalah Semoga Membantu.