Atmosfer merkurius terdiri dari gas natrium dan kalium sehingga

Berikut ini Kunci Jawaban Soal Ujian Tentang Atmosfer merkurius terdiri dari gas natrium dan kalium sehingga

Atmosfer Merkurius terdiri dari gas natrium dan kalium sehingga….

  1. Tidak ada kehidupan di Merkurius
  2. Tidak ada siklus air seperti di Bumi
  3. Suhu di Merkurius sangat panas

Pembahasan:  

Planet Merkurius adalah planet pertama di tata Surya yang terletak paling dekat dengan Matahari. Ukuran planet Merkurius yang kecil menyebabkan gravitasinya terlalu lemah untuk memiliki atmosfer normal. Sehingga Merkurius hanya memiliki atmosfer yang tipis.

Atmosfer Merkurius mengandung hidrogen (H), helium (He), dan oksigen (O). Atmosfer ini juga memiliki sejumlah natrium (Na), kalium (K), kalsium (Ca), dan magnesium (Mg). Sebagian dari partikel gas berasal dari angin matahari.

Karena tidak memiliki gas oksigen (O2) dan karbon dioksida (CO2) yang cukup, maka tidak ada kehidupan di Merkurius. Planet ini juga tidak memiliki uap air (H2O) di atmosfernya, sehingga tidak memiliki daur air serta fenomena cuaca seperti hujan dan awan.

Karena sangat dekat dengan Matahari, suhu atau temperatur pada atmosfer Merkurius sangat panas, hingga 700 kelvin (427 ° C), yang mampu membuat logam seperti kalium dan natrium menguap menjadi gas.

——————————————————————————

Detail Jawaban:

Kode: 8.4.10

Kelas: VIII

Mata pelajaran: Geografi

Materi: Bab 10 – Tata Surya

Demikianlah Kunci Jawaban Soal Ujian Tentang Atmosfer merkurius terdiri dari gas natrium dan kalium sehingga Semoga Membantu.

Baca Juga  Selama berlangsung kontraksi otot maka akan terjadi