Penyesuaian diri makhluk hidup terhadap lingkungan disebut

Adalah Kunci Jawaban Soal Ujian Tentang Penyesuaian diri makhluk hidup terhadap lingkungan disebut

Penyesuaian diri makhluk hidup terhadap lingkungan disebut … adaptasi

Pembahasan:

Setiap makhluk hidup melakukan adaptasi untuk menyesuaikan dirinya dengan lingkungan tempat makhluk hidup tersebut berada. Adaptasi akan dilakukan agar makhluk hidup tersebut bisa hidup dalam kondisi lingkungannya, dan dapat bertahan dari berbagai tantangan seperti iklim dan adanya pemangsa (predator).

Adaptasi merupakan mekanisme agar makhluk hidup bisa mengatasi kondisi sulit di lingkungannya.  

Organisme dan spesies yang mampu beradaptasi akan bisa bertahan hidup dan melakukan reproduksi, sehingga bisa mewariskan sifat dan perilaku adaptif tersebut ke generasi berikutnya. Sebaliknya organisme atau spesies yang tidak bisa beradaptasi akan punah. Adaptasi ini merupakan reaksi dari seleksi alam dan merupakan bagian penting dari terjadinya evolusi.

Adaptasi dapat berupa adaptasi morfologi (adaptasi dengan bentuk tubuh), adaptasi fisiologi (adaptasi fungsi tubuh) dan adaptasi tingkah laku. Semua jenis adaptasi ini bertujuan agar makhluk hidup bisa bertahan hidup.

Adaptasi contohnya misalnya adalah warna kulit hitam di manusia yang hidup di daerah Tropis. Kulit hitam ini disebabkan oleh tingkat melanin yang tinggi. Melanin bermanfaat untuk melindungi diri dari bahaya sinar ultraviolet matahari, yang dapat menyebabkan kanker berbahaya.

Pelajari lebih lanjut:

1. Bagaimana siput beradaptasi?

2. Cara adaptasi bunga mawar?

Kode:  7.4.8

Kelas: VII

Mata pelajaran: Biologi

Materi: Bab 8 – Interaksi Makhluk Hidup dengan Lingkungan

Kata kunci: Adaptasi

Demikianlah Kunci Jawaban Soal Ujian Tentang Penyesuaian diri makhluk hidup terhadap lingkungan disebut Semoga Membantu.

Baca Juga  Apa yang dimaksud dengan herbivora