Jelaskan peran wanita dalam membangun semangat kebangsaan

Berikut ini Kunci Jawaban Soal Sekolah Tentang Jelaskan peran wanita dalam membangun semangat kebangsaan

Peran wanita dalam membangun semangat kebangsaan:

  1. Meningkatkan kesetaraan dan harkat wanita di masa pergerakan kemerdekaan
  2. Membuka peluang pendidikan bagi para wanita
  3. Membangun semangat kebangsaan atau nasionalisme di kalangan perempuan
  4. Menyatukan dan meningkatkan kerjasama dari perempuan dari berbagai latar belakang suku dan agama

Pembahasan:  

Seiring dengan masa Kebangkitan Nasional, kaum wanita ikut serta dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia, melalui organisasi pergerakan nasional. Ini dimulai dari Poetri Mardika yang didirikan tahun 1912. Organisasi perempuan lainya adalah Aisyah, sayap perempuandalam gerakan Muhammadiyah yang terbentuk pada tahun 1917.

Melalui organisasi ini kaum wanita berjuang meningkatkan harkat wanita yang pada masa itu sangat memprihatinkan. Kaum wanita pada masa sebelum kemerdekaan dikekang dengan berbagai tradisi, seperti kawin paksa, perkawinan dengan lelaki yang umurnya jauh berbeda, serta diskriminasi seperti sulitnya kaum perempuan mendapatkan pendidikan.  

Para pejuang wanita seperti Kartini, Rasuna Said, Maria Walanda Maramis dan Dewi Sartika berupaya untuk meningkatkan pendidikan dengan membuka sekolah-sekolah perempuan dan menulis tulisan yang mengajak untuk meninggalkan budaya yang mengekang perempuan.

Organisasi pergerakan wanita juga mempelopori pergerakan untuk mencapai kemerdekaan Indonesia. Pergerakan ini ditandai dengan diselenggarakannya Kongres Perempuan Indonesia nasional pertama yang diselenggarakan di Yogyakarta pada bulan Desember 1928.  

Sekitar 30 organisasi perempuan Indonesia ikut serta, dan dalam kongres ini dibentuk pula Persatoean Perempoean Indonesia (PPI), yang kemudian diubah menjadi Perikatan Perhimpoenan Istri Indonesia (PPII).                

Kongres Perempuan nasional berikutnya diadakan di Jakarta (1935), Bandung (1938), dan Semarang (1941), dalam mana perjuangan nasional berangsur-angsur semakin menonjol. Dalam kongres 1935 terbentuklah Kongres Perempuan Indonesia (KPI), dan dengan demikian PPII dibubarkan.

Baca Juga  Sikap akhir guling ke belakang adalah

Pelajari Lebih Lanjut

1. Tokoh perempuan yang berasal dari Sumatera Barat yang mendirikan Perguruan Putri adalah…..

2. Sebutkan masing-masing 5 organisasi-organisasi pergerakan nasional yang bersifat kebangsaan, keagamaan dan kedaerahan

Detail Jawaban    

Kode: 11.3.3  

Kelas: 11  

Mata pelajaran: Sejarah    

Materi: Bab 3 – Perjuangan Nasional di Indonesia

Kata kunci: Peranan Wanita dalam   Perjuangan Nasional

Demikianlah Kunci Jawaban Soal Sekolah Tentang Jelaskan peran wanita dalam membangun semangat kebangsaan Semoga Membantu.