Fraksi minyak bumi terbanyak adalah

Adalah Kunci Jawaban Soal Pelajaran Tentang Fraksi minyak bumi terbanyak adalah

Fraksi minyak bumi yang terbanyak adalah … alkana

Pembahasan:

Minyak bumi terbentuk berupa campuran dari berbagai senyawa hidrokarbon, baik senyawa hidrokarbon berbentuk rantai lurus (alkana), sikloalkana (naftena), dan hidrokarbon aromatik (benzena dan turunannya)  

Dari senyawa-senyawa ini, senyawa alkana yang paling banak terdapat dalam minyak bumi. n-alkana adalah senyawa alkana yang berbentuk lurus tanpa percabangan. Alkana sendiri adalah senyawa hidrokarbon yang semua atom karbonnya saling terikat dalam ikatan tunggal. Alkana bersifat jenuh dan termasuk senyawa alifatik. Contoh alkana adalah: metana, etana, propana dan butana.

Penyusun terbesar kedua adalah sikloalkana. Senyawa hidrokarbon ini membentuk melingkar seperti cincin, dimana atom karbon ujung saling bertemu. Contoh sikloalkana adalah: siklopropana atau siklobutana.

Hidrokarbon aromatik umumnya hanya sebagian kecil dari sebagian besar minyak mentah. Yang paling umum dalam minyak mentah adalah benzena, yang merupakan komponen utama dalam sintesis senyawa organik dalam industri petrokimia.

Senyawa hidrokarbon dengan ikatan rangkap tiga (alkuna) dan atau ikatan ganda (alkena) di antara atom-atom karbonnya juga terdapat di dalam campuran minyak bumi namun lebih sedikit.

Untuk memisahkan senyawa-senyawa dalam minyak bumi dilakukan dengan menggunakan penyulingan (distilasi) untuk memisahkan penyusun minyak bumi berdasarkan titik didihnya.

Dengan penyulingan, minyak bumi mentah yang merupakan campuran berbagai senyawa bisa dipisah-pisahkan menjadi campuran yang memiliki kegunaan tertentu. Hasil penyulingan misalnya adalah LPG, bensin, solr, minyak tanah dan pelumas.  

————————————————————————————-

Detail Jawaban

Kelas: XI  

Kode: 11.7.1

Mata pelajaran: Kimia  

Materi: Bab 1 – Hidrokarbon dan Minyak Bumi

Kata kunci: Susunan Minyak Bumi, Alkana

Baca Juga  Pada ekosistem yang merupakan detrivor adalah

Demikianlah Jawaban Soal Ujian Tentang Fraksi minyak bumi terbanyak adalah Semoga Membantu.