Berdasarkan gambar fungsi dari struktur x adalah

Inilah Kunci Jawaban Soal Sekolah Tentang Berdasarkan gambar fungsi dari struktur x adalah

Berdasarkan gambar anatomi akar, fungsi struktur X adalah a. memperluas daerah penyerapan air dan unsur hara dari tanah. Struktur X yang dimaksud adalah rambut akar yang merupakan pemanjangan epidermis ke daerah luar.   Bagian yang berfungsi sebagai jaringan pengangkut ditunjukan pada bagian bernomor d. 3 dan 5. Nomor 3 adalah floem berfungsi mengangkut hasil fosotintesis dari daun ke bagian tumbuhan lain. Adapun nomor 5 adalah xilem berfungsi untuk mengangkut air dan mineral dari akar dan disalurkan ke bagian tumbuhan lainnya.

Pembahasan  

Akar disebut juga radix merupakan bagian tubuh tumbuhan yang pada umumnya berada dalam tanah, dan bersama batang serta daun akar membangun bagian vegetatif tumbuhan dan sebagai organ-organ pokok pada tumbuhan.

Fungsi dari beberapa bagian-bagian akar adalah:

  1. Akar lateral/ samping berfungsi membetuk cabang-cabang akar.  Pertumbuhan akar lateral membantu meningkatkan efisiensi tumbuhan dalam air dan penyerapan nutrisi, penyimpanan nutrisi, dan stabilitas untuk pertumbuhan udara.
  2. Meristem apikal akar berfungsi sebagai  membentuk zona pemanjangan sel, zona diferensiasi sel, dan zona pendewasaan sel pada akar. Berperan pula untuk pertumbuhan lateral akar dari akar utama, ke dalam sistem akar bercabang besar. Meristem apikal akar dekat tudung akar melakukan pertumbuhan primer, yaitu pertambahan panjang akar.
  3. Rambut akar berperan dalam  memperluas permukaan akar, sehingga memperluas bidang penyerapan air dan garam tanah.

Fungsi akar pada tumbuhan yaitu:

  • Tempat melekat dan menambatkan tubuh tumbuhan pada tanah (media)
  • Menyerap air dan unsur hara seperti garam-garam mineral.
  • Sebagai penyokong batang.
  • Pada beberapa tanaman akar digunakan sebagai tempat penyimpanan makanan cadangan. Contoh : ketela pohon, wortel.
  • Pada tanaman tertentu seperti bakau (Rhizopoda sp) akar juga berfungsi sebagai alat pernapasan.
  • Sebagai alat perkembangan vegetatif pada tumbuhan tertentu.
Baca Juga  Tahap pernyataan umum berisi tentang

Struktur anatomi jaringan penyusun akar sebagai berikut:

1. Epidermis

Epidermis terdiri dari satu lapis sel yang tersusun rapat, dinding selnya tipis sehingga mudah ditembus oleh air (semipermeabel). Seringkali sel epidermis memanjang keluar dan membentuk rambut akar yang berfungsi untuk memperluas bidang penyerapan.

2. Korteks

Korteks terdiri dari banyak sel dan tersusun berlapis-lapis, dinding selnya tipis dan mempunyai banyak ruang antarsel untuk pertukaran gas. Korteks terdiri dari jaringan parenkim yang selnya berukuran besar dan memiliki vakuola besar, selain itu korteks juga terdiri dari jaringan kolenkim, dan sklerenkim.

3. Endodermis

Merupakan lapisan yang terletak antara silinder pusat (stele) akar dengan lapisan korteks. Endodermis terdiri dari satu lapis sel yang tersusun rapat tanpa ruang antarsel dan dinding selnya mengalami penebalan gabus, deretan sel-sel endodermis dengan penebalan gabusnya dinamakan pita kaspari. Penebalan gabus ini menyebabkan lapisan ini tidak dapat ditembus air sehingga air harus masuk ke silinder pusat melalui bagian sel-sel endodermis yang dindingnya tidak menebal yang disebut sel penerus air.

4. Silinder Pusat (stele)

Silinder Pusat merupakan lapisan yang terletak di tengah akar di bagian sebelah dalam endodermis, didalamnya terdapat pembuluh-pembuluh akar antara lain:

a.  Perisikel (perikambium), merupakan lapisan terluar dari silinder pusat.

b. Pembuluh Angkut

Pembuluh angkut terdiri dari xilem (pembuluh kayu) dan floem (pembuluh tapis) yang berperan pada pengangkutan air dan mineral. Xilem mengangkut air dan mineral dari dari dalam tanah ke daun, sedangkan floem mengangkut hasil-hasil fotosintesis dari daun keseluruh bagian tumbuhan.

c.  Empulur

Empulur terletak di bagian paling dalam dan diantara berkas pembuluh angkut.


Dari gambar nomor 6, keterangan gambar sebagai berikut:

Baca Juga  Sebutkan 3 jenis tari kreasi

No 1= epidermis

No 2= korteks

No 3= floem

No 4= kambium

No 5= xilem  

Detil jawaban

Kelas: 2 SMP

Mapel: Biologi

Bab: Struktur dan fungsi jaringan tumbuhan

Kode: 8.4.6

Kata kunci: akar, jaringan pada akar  

Demikianlah Jawaban Soal Ujian Tentang Berdasarkan gambar fungsi dari struktur x adalah Semoga Membantu.