Perubahan sosial menurut kingsley davis

Berikut ini Kunci Jawaban Soal Sekolah Tentang Perubahan sosial menurut kingsley davis

Pengertian perubahan sosial menurut Kingsley Davis adalah segala perubahan yang terjadi atau terdapat di dalam fungsi serta struktur pada masyarakat. Penjelasan lebih lanjut akan kakak jabarkan di bawah ini ya… Stay tuned!

Halo adik-adik!!! Balik lagi di Brainly. Sekarang kakak akan kembali menjawab pertanyaan dari adik-adik. Nah, untuk kali ini kita akan membahas tentang “perubahan sosial”. Let’s get started!

Pembahasan

Menurut Mac Iver, perubahan sosial merupakan perubahan-perubahan yang terjadi di dalam hubungan sosial ataupun perubahan yang terjadi terhadap keseimbangan hubungan sosial. Sedangkan menurut William F. Ogburn perubahan sosial merupakan perubahan aspek yang terdapat dalam kehidupan sosial, seperti kemajuan teknologi serta ilmu pengetahuan yang mempengaruhi pola pikir masyarakat. Kingsley Davis juga berpendapat bahwa perubahan sosial ialah segala perubahan yang terjadi atau terdapat di dalam fungsi serta struktur pada masyarakat.

Maka dari itu kita dapat mengatakan bahwa perubahan sosial budaya merupakan perubahan yang terjadi di dalam lembaga sosial masyarakat dan struktur sosial. Perubahan sosial terjadi pada beberapa hal, seperti perubahan perilaku, teknologi, sistem sosial dan norma. Perubahan-perubahan yang terjadi memberi pengaruh terhadap individu di dalam masyarakat tertentu.

Adapun penyebab terjadinya perubahan sosial budaya dalam masyarakat adalah sebagai berikut :

1.Faktor Internal, faktor perubahan sosial yang berasal dari dalam masyarakat itu sendiri.

a.Perubahan jumlah penduduk

Pertumbuhan penduduk menyebabkan perubahan sosial karena adanya kelahiran dan kematian sehingga terjadi perubahan dalam struktur masyarakat, perpindahan penduduk juga menjadi alasan perubahan sosial, yaitu transmigrasi atau urbanisasi.

Baca Juga  Bagian setrika yang dapat menghantarkan panas adalah

b.Penemuan-penemuan baru

Semakin berkembangnya zaman, maka semakin kompleks pula kebutuhan manusia. Kebutuhan manusia yang semakin kompleks ini menyebabkan lahirnya penemuan-penemuan baru yang mendukung pemenuhan kebutuhan manusia. Penemuan ini lah yang akan menyebabkan terjadinya perubahan sosial dalam masyarakat.

•Discovery, ialah penemuan baru dalam unsur kebudayaan yang dapat berupa gagasan atau alat yang dihasilkan oleh seorang individu atau suatu kelompok yang berada di dalam masyarakat.

•Invention, ialah discovery (penemuan) yang mana telah diterima, telah diakui, serta telah diterapkan oleh masyarakat.

•Inovasi, ialah suatu penemuan baru yang telah menyebar pada masyarakat, dikenal, dan kemudian dimanfaatkan oleh masyarakat luas.

c.Konflik dalam masyarakat

Suatu konflik dapat memecahkan ikatan sosial.

d.Pemberontakan atau Revolusi

Pemberontakan terjadi karena adanya ketidakpuasan yang dirasakan sebagian masyarakat. Kondisi ini akan menimbulkan revolusi sebagai bentuk dari pemberontakan, dan akan membawa perubahan yang besar dalam tubuh masyarakat.

2.Faktor Eksternal, faktor perubahan sosial yang berasal dari luar.

a.Lingkungan alam fisik yang terdapat di sekitar manusia

Perubahan lingkungan fisik yang dimaksud adalah seperti gempa bumi, banjir besar, angina taufan, dan lain sebagainya. Adanya perubahan lingkungan akan memaksa masyarakat untuk pindah ke tempat tinggal yang baru, dan ketika suatu masyarakat mendiami tempat baru, maka mereka harus menyesuaikan diri dengan keadaan yang baru tersebut.

b.Peperangan

Peperangan yang terjadi antar negara akan menyebabkan terjadinya perubahan yang mendasar, yaitu seluruh wujud budaya seperti sistem sosial, sistembudaya, unsur-unsur budaya fisik dan seluruh unsur budaya, yaitu ekonomi, bahasa, teknologi, sistem pengetahuan, kesenian, kemasyarakatan, dan sistem religi.

c.Adanya pengaruh budaya lain yaitu dengan melalui difusi, akulturasi, serta asimilasi.

Pelajari Lebih Lanjut

Okay adik-adik! Demikianlah jawaban dari kakak, Semoga bisa membantu dan bermanfaat yaa!! Semangat belajarnya adik-adik. Nah untuk menambah dan memperluas pengetahuan adik-adik tentang materi lainnya, kalian bisa buka link di bawah ini :  

Baca Juga  Lirik lagu selamat ulang tahun bahasa korea

Semoga berhasil dan Jangan lupa jadikan JAWABAN TERBAIK ya!!!

Detail Jawaban

Kelas : 10

Pelajaran : Sosiologi

Kategori : Bab 1 – Perubahan Sosial

Kode : 10.20.1

Kata Kunci : pengertian perubahan sosial menurut ahli, penyebab perubahan sosial.

Begitulah Kunci Jawaban Soal Sekolah Tentang Perubahan sosial menurut kingsley davis Semoga Membantu.