Tuliskan macam macam gerak dasar dalam permainan sepak bola

Adalah Kunci Jawaban Soal Ujian Tentang Tuliskan macam macam gerak dasar dalam permainan sepak bola

Macam-macam gerak dasar dalam permainan sepak bola yaitu :

  1. Menendang bola
  2. Menghentikan bola
  3. Menyundul bola
  4. Mengumpan bola
  5. Menggiring bola
  6. Menjaga gawang
  7. Lemparan ke dalam

Berikut Penjelasannya 😀

——————————————-

Pembahasan :

Nah, sepak bola merupakan salah satu permainan yang sering dimainkan, baik oleh anak-anak, bahkan yang dewasa pun ikut bermain. Alasan permainan ini sangat sering dimainkan dan disukai oleh banyak orang karena permainan sepak bola adalah permainan yang mudah untuk dilakukan (hanya menendang bola) dan dapat membuat orang yang memainkannya merasa senang.

Dalam sepak bola, tentu ada gerak dasar yang perlu kita ketahui, apa sajakah gerak dasarnya? Mari kita bahas!

1. Menendang Bola

Gerak ini merupakan gerakan yang paling mudah (dasar) dan tentu sudah diketahui oleh banyak orang. Menendang bola adalah gerakan yang dilakukan dengan cara menendang bola ke sasaran yang dituju (misalnya kita ingin menendang bola ke gawang, dan lainnya). Dalam menendang bola, kita dapat menggunakan kaki bagian luar, dalam ataupun punggung.

2. Menghentikan Bola

Gerak ini juga merupakan gerakan yang mudah dan sudah diketahui oleh banyak orang yang memainkannya. Gerakan menghentikan bola adalah gerakan yang bertujuan agar kita bisa menguasai bola sehingga bola tersebut dapat kita arahkan dengan mudah (sesuai keinginan kita). Selain itu, menghentikan bola dapat mengatur laju atau tempo permainan, dan lainnya.

3. Menyundul Bola

Gerakan ini adalah gerakan yang sedikit sulit untuk dikuasai (karena gerakan ini menggunakan salah satu bagian kepala, yaitu dahi). Gerakan ini biasanya dilakukan untuk mencetak gol. Nah, bagian dahi yang biasa digunakan untuk menyundul adalah sisi kanan atau kiri dahi.

Baca Juga  Berikut yang bukan merupakan ikan konsumsi jenis air tawar adalah

4. Mengumpan Bola

Gerakan ini merupakan gerakan yang dilakukan untuk memberikan bola dengan cara menendang bola kepada teman, dan lainnya. Gerakan ini dapat bertujuan agar dapat mengambil bola dari lawan dengan mudah.

5. Menggiring Bola

Gerakan ini adalah gerakan yang dilakukan seperti menedang bola dengan cara yang putus-putus dan dapat bertujuan agar dapat mengambil serta melewati bola dari lawan dengan mudah.

6. Menjaga Gawang

Gerakan ini juga merupakan gerakan yang sangat penting dalam permainan sepak bola. Gerakan menjaga gawang dapat menentukan keberhasilan suatu tim karena tugas penjaga gawang adalah menghalangi bola dari lawan agar tidak masuk ke gawang.

7. Lemparan Ke Dalam

Nah, gerakan ini merupakan gerakan yang hanya dilakukan saat bola keluar lapangan. Jadi, tujuan dari gerakan ini adalah melanjutkan kembali permainan sepak bola yang sempat berhenti karena bola keluar lapangan.

Semoga Bermanfaat >w<

——————————————-

Pelajari Lebih Lanjut :

================================

Detail Jawaban :

Mapel : Penjaskes

Kelas : 7 SMP

Materi : Bab 1 – Aktivitas Permainan Bola Besar

Kata Kunci : Gerak, dasar, sepak, bola

Kode Kategorisasi : 7.22.1

#TingkatkanPrestasimu

Demikianlah Jawaban Soal Ujian Tentang Tuliskan macam macam gerak dasar dalam permainan sepak bola Semoga Membantu.