Faktor fisik yang mempengaruhi keragaman budaya di indonesia adalah

Berikut ini Jawaban Soal Sekolah Tentang Faktor fisik yang mempengaruhi keragaman budaya di indonesia adalah

1.iklim

Manusia (penduduk) cenderung beradaptasi terhadap iklim. Pendudukyang tinggal di daerah dingin, cenderung membangun rumah beratap rendah, sebaliknya penduduk yang tinggal di daerah panas membangun rumah beratap tinggi. Fenomena tersebut berlaku juga dalam hal berpakaian. Kecenderungan tersebut akhirnya menciptakan budaya.

2. Topografi

Seperti halnya iklim, topografi menciptakan kebiasaan dalam perilaku dan kegiatan penduduk. Penduduk yang tinggal di daerah berbukit memiliki kebiasaan sesuai kondisi topografinya, misalnya suka berbicara dengan volume keras saat berkomunikasi agar kedengaran. Lain halnya dengan penduduk di daerah yang relatif datar, mereka tak perlu bicara keras agar terdengar. Kebiasaan ini akhirnya menjadi budaya.

3. Bentang Alam

Penduduk yang tinggal dekat hutan atau rawa, membangun rumah panggung dengan tujuan menghindari serangan bintang buas. Hal tersebut tidak perlu dilakukan oleh penduduk di daerah jauh dari hutan atau rawa. Kenyataan ini akhirnya membentuk budaya.

Demikianlah Jawaban Soal Pelajaran Tentang Faktor fisik yang mempengaruhi keragaman budaya di indonesia adalah Semoga Membantu.

Baca Juga  Lapisan endodermis embrio akan berkembang menjadi