Sebutkan nomor lari jarak pendek

Berikut ini Jawaban Soal Pelajaran Tentang Sebutkan nomor lari jarak pendek

Nomor lari jarak pendek adalah 100 meter, 200 meter, dan 400 meter.

Pembahasan

Lari jarak pendek adaah gerkaan berlari yang menggunkan kecepatan penuh mulai dari garis strat hingga garis finish. Dalam lari jarak pendek terdapat tiga nomor yang masuk ke dalam kategorii lari jarak pendek, yakni 100 meter, 200 meter, dan 400 meter. Dalam lari jarak pendek, terdapat beberapa teknik dasar yang harus dikuasai oleh setiap pelari.  Teknik dasar dalam lari jarak pendek adalah.

1. Teknik start.

Dalam lari jarak pendek, start yang digunakan adalah start jongkok. Start jongkok terdiri dari tiga jenis, yakni start pendek, start menengah, dan start panjang. Start jongkok digunakan karena dapat menghasilkan tolakan bagi pemain.

2. Posisi tubuh.

Ketika berlari, posisi tubuh pelari sedikit condong kedepan dengan tolakan kaki yang kuat. Langkah yang digunakan dalam berlari adalah langkah lebar dengan gerakan tangan mengarah ke dagu. Tubuh rileks dan mata fokus ke depan.

3. Teknik memasuki garis finish.

Ketika akan memasuki garis finish,  gerakan kaki dipercepat dan salah satu bahu dijatuhkan kedepan agar terlebih dahulu memasuk garis finish dibandingkan anggota badan lainnya.

Pelajari lebih lanjut

—————————–

Detil jawaban

Kelas: 8 SMP

Mapel: Penjaskes

Bab: Bab 3 – Permainan dan Olahraga Atletik

Kode: 8.22.3

Kata Kunci: nomor lari jarak pendek, atletik.

Demikianlah Jawaban Soal Pelajaran Tentang Sebutkan nomor lari jarak pendek Semoga Membantu.

Baca Juga  Sebutkan kombinasi gerak dasar dalam olahraga lompat jauh