Pola apa yang kamu amati

Berikut ini Jawaban Soal Pelajaran Tentang Pola apa yang kamu amati

  1. Pola yang dapat diamati dari hubungan antara rusuk kubus dengan jumlah kubus satuan yang menyusunnya adalah semakin panjang rusuknya semakin banyak pula kubus satuan yang menyusunnya. Sedangkan hubungan antara kubus satuan penyusunnya adalah jumlah kubus satuan penyusunnya sama dengan volume kubus tersebut.
  2. Jika panjang rusuk kubus bertambah maka banyaknya kubus satuan penyusunnya juga bertambah
  3. Panjang rusuk kubus sama dengan akar dari jumlah kubus satuan yang berada pada salah satu sisi kubus
  4. Hubungan antara r dan v adalah v = r³
  5. v = r³, v = jumlah kubus satuan yang menyusun kubus

Pembahasan

Untuk membantu memahami konsep jumlah kubus satuan dengan panjang rusuknya mari perhatikan gambar terlampir. Pada gambar dapat dilihat kubus yang panjang rusuknya 1 satuan terdiri dari 1 buah kubus, di sebelah kanannya ada kubus dengan panjang rusuk 2 satuan, kubus tersebut terdiri dari 8 buah kubus satuan. Dan kubus terakhir terdiri dari 27 buah kubus satuan dan panjang rusuknya 3 satuan. Untuk kubus yang panjang rusuknya 4 satuan disusun dari 64 buah kubus satuan, kubus dengan 5 satuan tersusun dari 125 buah kubus satuan. Lebih lengkapnya bisa dilihat pada tabel terlampir.

Dari tabel dapat dilihat bahwa jumlah kubus dan panjang rusuk bisa didapatkan pola jika jumlah kubus satuan sama dengan panjang rusuk pangkat 3.

Jadi panjang rusuk sebuah kubus sama dengan akar pangkat tiga dari jumlah kubus satuan yang menyusunnya. Jumlah kubus satuan yang menyusunnya sama dengan volume kubus tersebut. Jumlah kubus satuan pada satu sisi sama dengan luas permukaan sisi tersebut.

Baca Juga  Alat musik melodis berfungsi sebagai

Pelajari lebih lanjut

—————————–

Detil jawaban

Kelas: 8

Mapel: Matematika

Bab: Bangun Ruang

Kode: 8.2.8

Kata Kunci: kubus, kubus satuan, rusuk kubus

Demikianlah Jawaban Soal Ujian Tentang Pola apa yang kamu amati Semoga Membantu.