Lapisan ozon di stratosfer dapat rusak karena bereaksi dengan

Berikut ini Jawaban Soal Pelajaran Tentang Lapisan ozon di stratosfer dapat rusak karena bereaksi dengan

Jawaban:

Lapisan ozon di strafosfer dapat rusak karena bereaksi dengan……

Kloro fluoro karbon

Penjelasan:

Lapisan ozon mengandung gas ozon atau gas O3. Lapisan ini berada di lapisan Stratosfer, dan sangat bermanfaat karena menghadang sinar ultraviolet yang masuk dari matahari ke bumi.

Namun lapisan ozon ini terganggu ketika gas ozon terurai karena partikel-partikel berbahaya yang diproduksi manusia. Partikel ini contohnya adalah CFC (kloro fluoro karbon), freon dan halon.

Zat berbahaya ini berasal dari perangkat rumah tangga seperti pendingin ruangan dan kulkas, dan juga dari pembakaran hutan.

Ketika partikel di atas mencapai stratosfer, partikel ini akan terurai oleh radiasi sinar matahari sehingga akan menghasilkan radikal bebas yang kemudian bereaksi ozone dan memecahnya.

Contoh reaksi tersebut adalah penguraian ozon oleh CFC. Pertama CFC terurai oleh radiasi menjadi radikal bebas:

CFCl3 + radiasi → radikal bebas Cl• + •CFCl 2

Lalu radikal bebas chlorin ini akan berekasi dengan ozon menjadi klorin monoksida (ClO) dan gas oksigen (O2):

Cl• + O3 = ClO + O2

Akibat reaksi-reaksi ini lapisan ozon menipis dan sinar berbahaya ultraviolet matahari masuk hingga ke permukaan bumi. Sinar ini berbahaya karena dapat menyebabkan kanker kulit pada manusia, dan juga menyebabkan matinya alga yang merupakan tumpuan mata rantai makanan di laut.

semoga bermanfaat ;)

maaf jika salah ;(

SELAMATBELAJAR#

Demikianlah Kunci Jawaban Soal Pelajaran Tentang Lapisan ozon di stratosfer dapat rusak karena bereaksi dengan Semoga Membantu.

Baca Juga  Sikap seseorang yang beriman kepada qada dan qadar sebaiknya