Buatlah ungkapan dengan tujuan meyakinkan orang untuk menanam pohon

Adalah Kunci Jawaban Soal Ujian Tentang Buatlah ungkapan dengan tujuan meyakinkan orang untuk menanam pohon

Dalam kehidupan sehari-hari, kita mengenal istilah etika, emosi, dan logika. Secara sederhana, etika dapat dimaknai sebagai segala sesuatu yang diukur berdasarkan kesesuaiannya dengan norma-norma yang berlaku di masyarakat. Sementara itu, emosi dapat diartikan sebagai segala sesuatu yang terkait dengan penilaian pribadi berdasarkan perasaan. Di sisi lain, logika dapat dimaknai sebagai keputusan yang dibuat berdasarkan pertimbangan obyektif dan terukur. Ketiga hal ini tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Pada kesempatan ini, soal meminta untuk menyajikan ungkapan secara etika, emosi, dan logika tentang Ajakan Menanam Pohon.

Berikut kakak akan mencoba menjawab pertanyaan kali ini.  

Etika

Mari kita menanam pohon karena dengan menanam pohon, kita melaksanakan kewajiban kita untuk melestarikan lingkungan kita.

Emosi

Menanam pohon sudah menjadi kewajiban kita semua kita tanpa pohon kita tidak bisa hidup.

Logika

Mari kita menanam pohon karena pohon mampu mengubah karbondioksida dan gas-gas beracun dalam udara menjadi oksigen, sehingga lingkungan kita menjadi lebih sejuk dan terbebas dari gas beracun.

Contoh lain tentang teks persuasi dapat kamu pelajari pada halaman berikut ini:

 

Simpulan:

Etika, emosi, dan logika merupakan 3 cara menyampaikan persuasi. Etika berdasarkan norma-norma yang berlaku di masyarakat, emosi berdasarkan pertimbangan pribadi/perasaan, sementara logika berdasarkan ilmu pengetahuan/obyektif.

Kelas: VIII

Mata pelajaran: Bahasa Indonesia

Kategori: Sastra

kode kategori: 8.1.1

Kata kunci: ungkapan, emosi, etika, logika

Begitulah Jawaban Soal Sekolah Tentang Buatlah ungkapan dengan tujuan meyakinkan orang untuk menanam pohon Semoga Membantu.

Baca Juga  Penemu permainan bola voli pertama kali