Sebutkan tokoh protagonis dalam cerita berjudul caadara di depan

Berikut ini Kunci Jawaban Soal Ujian Tentang Sebutkan tokoh protagonis dalam cerita berjudul caadara di depan

“Caadara” merupakan salah satu kisah yang cukup terkenal di daerah Papua. “Caadara” mengisahkan perjuangan tokoh Caadara yang berhasil menumpas musuh suku mereka dan kembali pulang sebagai pahlawan ke kampungnya.

Cerita “Caadara” sendiri merupakan sage yaitu dongeng yang mengisahkan seorang tokoh yang ada kaitannya dengan sejarah. Biasanya, sage diwariskan secara turun temurun dan menyebar secara lisan. Maka tak heran jika sage kaya akan muatan yang bersifat khayal.

Untuk dapat menemukan tokoh protagonis dalam cerita “Caadara”, kakak menggunakan rujukan dari halaman berikut: http://meliyatemzs.blogspot.co.id/2009/05/caadara-cerita-rakyat-dari-irian-jaya.html.

Dalam cerita tersebut, yang menjadi TOKOH PROTAGONIS adalah CAADARA.
Caadara menjadi tokoh protagonis karena ia tidak pantang mundur, meskipun jumlah lawan yang dihadapinya jauh lebih besar dari jumlah ia dan anak buahnya. Ia melawan dengan gigih dan pantang semangat sampai memukul mundur lawan-lawannya.

Selain itu, dalam teks ini juga dapat kita temukan TOKOH ANTAGONIS, yaitu SUKU KUALA. Suku Kuala menjadi tokoh antagonis karena mereka menyerang Caadara dan kawan-kawannya yang awalnya hanya berniat untuk berburu di hutan.

Baik tokoh protagonis maupun antagonis merupakan cara penokohan yang kerap digunakan dalam karya sastra. Tokoh protagonis merupakan tokoh dalam karya sastra yang memainkan karakter baik. Sedangkan, di sisi yang berlawanan, tokoh antagonis merupakan tokoh yang memerankan karakter dengan sifat yang jahat.

Contoh lain tentang penokohan dalam karya sastra dapat kamu pelajari pada halaman berikut ini:
brainly.co.id/tugas/9737903

Simpulan:
Dalam cerita sage “Caadara”, Caadara menjadi tokoh protagonisnya karena sifatnya yang tidak pantang menyerah meski harus berhadapan dengan lawan yang jumlahnya jauh lebih besar dari ia dan kawan-kawannya. Sementara itu, Suku Kuala menjadi tokoh antagonis karena menyerang Caadara secara tiba-tiba yang awalnya hanya berniat untuk berburu di hutan.

Baca Juga  The purpose of the text is

Kelas: IX
Mata pelajaran: Bahasa Indonesia
Kategori: Unsur intrinsik dan ekstrinsik
Kata kunci: caadara, sage, protagonis, antagonis, penokohan

Demikianlah Kunci Jawaban Soal Pelajaran Tentang Sebutkan tokoh protagonis dalam cerita berjudul caadara di depan Semoga Membantu.