Masuknya gajah ke pemukiman penduduk untuk mencari makan dikarenakan

Berikut ini Kunci Jawaban Soal Ujian Tentang Masuknya gajah ke pemukiman penduduk untuk mencari makan dikarenakan

Masuknya gajah ke permukiman penduduk untuk mencari makan dikarenakan……  kerusakan habitat asli gajah di hutan, sehingga gajah terpaksa masuk ke pemukiman untuk mencari makan

Pembahasan:

Gajah Sumatera (Elephas maximus sumatrensis) adalah subspesies dari gajah Asia (Elephas maximus) yang berasal dari pulau Sumatera. Gajah merupakan hewan langka dan terancam kepunahan.

Kerusakan habitat merupakan faktor penting penyebab kelangkaan yang dapat berujung pada kepunahan. Spesies yang habitatnya rusak tidak memiliki tempat untuk mencari makan, berkembang biak dan tinggal.  

Akibatnya, gajah harus mencari makan ke tempat lain. Hal ini sering mengakibatkan gajah masuk ke pemukiman warga, untuk memakan tanaman di lahan pertanian warga. Terkadang, gajah juga menyerang manusia.

Untuk menghindari serangan gajah dan masuknya gajah ke pemukiman, harus dilakukan pelestarian habitat satwa ini, misalnya dengan membentuk taman nasional dan mencegah penebangan serta konversi penggunaan lahan.

Taman nasional dibentuk untuk melindungi habitat gajah Sumatera. Taman nasional ini adalah Taman Nasional Gunung Leuser di Aceh, Taman Nasional Kerinci Seblat di Jambi, Bengkulu, Sumatera Barat dan Sumatera Selatan, serta Taman Nasional Way Kambas di Lampung.

Detail Jawaban            

Kode: 6.4.4  

Kelas: VI  

Mata pelajaran: Biologi    

Materi: Pelestarian Makhluk Hidup    

Kata kunci: Pelestarian Gajah, Kerusakan Habitat  

Demikianlah Jawaban Soal Pelajaran Tentang Masuknya gajah ke pemukiman penduduk untuk mencari makan dikarenakan Semoga Membantu.

Baca Juga  Tuliskan 8 provinsi yang dibentuk sebagai hasil sidang ppki pertama