Jelaskan perbedaan sistem atmosfer bumi dengan rumah kaca

Adalah Jawaban Soal Pelajaran Tentang Jelaskan perbedaan sistem atmosfer bumi dengan rumah kaca

Perbedaan sistem atmosfer bumi dengan rumah  dari segi fungsinya dan juga segi pengertiannya berbeda. Berikut adalah penjelasannya:

– Untuk atmosfer bumi sendiri, fungsinya adalah buat melindungi orang yang tinggal dibumi dengan cara menahan sinar ultraviolet yang langsung datang dari matahari untuk tidak langsung kena ke bumi. Soalnya, jika tanpa adanya proses dari atmosfer bumi yang menyaring. Maka, bumi bisa saja mendapatkan suhu ekstrem dan tidak wajar.

– Sedangkan, untuk rumah kaca adalah sebuah rumah yang dibuat dari bahan-bahan kaca ataupun plastik. Biasanya rumah kaca bertujuan untuk membudidayakan tanaman-tanaman serta rumah kaca bertujuan juga tetap menjaga suhu di suatu ruangan tetaplah panas. Rumah kaca juga bisa mengontrol suhu, dan bisa membuat tanah yang pada awalnya tidak subur bisa menjadi subur dikarenakan adanya keseimbangan suhu yang menyesuaikan tanah untuk menjadi subur. Walaupun begitu, efek dari rumah kaca juga ada. Yaitu membuat kandungan CO2(karbondioksida) dan CO (karbonmonoksida) di atmosfer. Efek kandungan CO2 dan CO di atmosfer bisa mampu membuat sinar ultraviolet yang dibuat oleh matahari bisa terpantulkan kembali dan membuat suhu di bumi tetap meningkat walaupun sudah tersaring oleh atmosfer bumi.

Pembahasan

Berbicara tentang sistem atmosfer bumi dan rumah kaca, kita juga akan mengenal manfaat dari sistem atmosfer bumi dan rumah kaca sendiri.

Berikut adalah manfaat dari sistem atmosfer bumi:

1. Atmosfer bumi membantu manusia untuk hidup dibumi  dengan cara tidak langsung membuat sinar ultraviolet matahari untuk masuk kebumi . Sehingga hal inilah akan membuat manusia tanpa merasakan suhu yang ekstrem dikarenakan sistem atmosfer bumi menyaring radiasi berbahaya yang ditimbulkan sinar matahari.

Baca Juga  Apa yang dimaksud dengan tari kreasi daerah

2. Sinyal-sinyal radio komunikasi yang ada dari bumi dapat berhasil dipantulkan kembali ke bumi yang berarti Atmosfer juga berperan dalam membantu memancarkan sinyal radio komunikasi untuk kembali ke bumi. Ini dikarenakan semua berkat lapisan yang bernama Termosfer.

3. Atmosfer menyediakan berbagai macam kandungan udara untuk makhluk hidup dibumi supaya bisa bertahan. Contohnya adalah seperti Nitrogen(berguna untuk proses pertumbuhan tanaman), Oksigen (berguna untuk manusia), dan Karbon Dioksida(berguna dalam peran fotosintesis), berada di atmosfer.

4. Menghalang meteorid yang akan jatuh ke bumi.

Berikut adalah beberapa manfaat dari rumah kaca:

1. Manfaat dari rumah kaca salah satunya adalah membudidayakan tanaman baik dengan cara sebagai tempat untuk kita menanamkan berbagai jenis tanaman dan membantu suhu bumi untuk selalu tetap hangat dengan cara memantulkan kembali.

2. Mencoba untuk menciptakan keamanan terhadap tanaman. Seperti pelindung agar tanaman tidak mudah terserang penyakit dan melindungi tanaman dari hewan lain untuk tidak dapat masuk.

3. Menjaga kehangatan dibumi supaya dibumi tidak menjadi selalu dingin dengan cara menggunakan efek rumah kaca itu sendiri untuk membuat suhu dibumi meningkat dan tidak menjadi dingin sekali.  

Kesimpulan

Dari pembahasan diatas, bisa diketahui bahwa masing-masing mempunyai perannya masing-masing. Bumi yang dingin sekali maupun panas sekali tidak bakalan wajar. Tetapi, jika keduanya saling melengkapi antara sistem atmosfer bumi dengan rumah kaca akan mampu menciptakan kondisi yang stabil dimana yang satunya bisa menurunkan suhu bumi dan yang satunya bisa meningkatan suhu bumi. Maka, keduanya akan menciptakan kondisi ideal sesuai lingkungan dibumi.

Pelajari Lebih Lanjut

Tentang hal-hal yang berkaitan dengan ini dapat disimak juga di:

Detail Jawaban

Kelas : X

Baca Juga  Surat al falaq turun di kota

Mapel : Geografi

Materi : Atmosfer
, Rumah Kaca

Kata Kunci : Manfaat atmosfer bagi kehidupan di Bumi
, Manfaat rumah kaca, Perbedaan sistem atmosfer dengan rumah kaca.

Kode Kategorisasi : 10.8.7

≡≡≡≡≡≡≡≡≡≡≡≡≡≡≡≡≡≡≡≡≡≡≡≡≡≡≡≡≡≡≡≡≡≡≡≡≡≡≡≡≡≡≡≡

#OptiTeamCompetition

#FebMarch2020

Begitulah Jawaban Soal Sekolah Tentang Jelaskan perbedaan sistem atmosfer bumi dengan rumah kaca Semoga Membantu.