Jelaskan struktur teks laporan percobaan

Berikut ini Kunci Jawaban Soal Ujian Tentang Jelaskan struktur teks laporan percobaan

Struktur teks laporan percobaan adalah:

  1. Pernyataan umum
  2. Uraian

PEMBAHASAN

Teks laporan percobaan adalah salah satu jenis teks laporan. Teks laporan percobaan ditulis dengan tujuan menyampaikan hasil dari percobaan yang dilakukan kepada orang lain. Teks laporan percobaan memiliki struktur umum sebagai berikut.

1. PERNYATAAN UMUM

  1. Judul percobaan—judul percobaan merupakan nama laporan yang ditulis. Judul ditulis sesuai dengan kegiatan percobaan yang telah dilakukan.
  2. Tujuan percobaan—tujuan percobaan berisi berbagai tujuan dibuatnya laporan percobaan.

2. URAIAN

  1. Peralatan percobaan—disebut juga bagian “bahan dan alat”, ini adalah bagian dalam teks laporan percobaan yang berisi berbagai bahan dan alat yang digunakan ketika melakukan percobaan.
  2. Langkah-langkah kegiatan percobaan—langkah-langkah percobaan ditulis berurut dari awal hingga akhir. Langkah-langkah menggambarkan semua hal yang dilakukan secara berurutan ketika melakukan percobaan.
  3. Hasil percobaan—hasil percobaan berisi hasil yang diamati ketika melakukan percobaan. Hasil percobaan yang ditulis harus sesuai dengan pengamatan dan tidak memasukkan unsur subjektif seperti pandangan pribadi, prasangka, praduga, dsb.
  4. Simpulan—isinya adalah kesimpulan dari penulis mengenai percobaan yang telah dilakukan yang berhubungan dengan hasil dan tujuan percobaan.

PELAJARI LEBIH LANJUT

Tujuan teks laporan percobaan:

Manfaat kesimpulan pada teks laporan percobaan:

DETAIL JAWABAN

Mapel: Bahasa Indonesia

Kelas: 7

Materi: Laporan

Kode Kategorisasi: 7.1.4

#TingkatkanPrestasimu

Begitulah Jawaban Soal Sekolah Tentang Jelaskan struktur teks laporan percobaan Semoga Membantu.

Baca Juga  Tuliskan macam macam zat gizi makanan