Fungsi ekologis hutan mangrove adalah sebagai

Inilah Kunci Jawaban Soal Ujian Tentang Fungsi ekologis hutan mangrove adalah sebagai

Jawaban:

Fungsi ekologis hutan mangrove adalah:

1.melindungi pantai dari abrasi atau pengikisan akibat gelombang laut

2.  sebagai tempat berkembang biak ikandan hewan laut lainnya

Pembahasan:

Hutan bakau atau mangrove adalah hutan yang didominasi tanaman bakau, yang tumbuh di wilayah payau di pesisir, di pertemuan antara pesisir dan laut. Di Indonesia, contoh hutan bakau adalah di hutan bakau Angke dan Pantai Indah Kapuk di Jakarta serta hutan bakau Teluk Benoa di Bali.

Hutan bakau memiliki peran penting dan antara lain melindungi pantai dari abrasi atau pengikisan pantai. Akar tanaman bakau mengikat tanah di pantai agar tidak mudah tergerus gelombang laut. Bila tanaman bakau ini hilang maka tanah pantai akan mudah tergerus dan terkikis oleh gelombang laut.  

Hutan bakau digunakan oleh ikan dan hewan lain seperti penyu sebagai tempat bertelur dan berkembang biak. Ini karena sela-sela di akar dan batang bakau yang berada di bawah air memberikan tempat yang baik bagi hewan yang baru menetas untuk berlindung. Hilangnya tanaman bakau akan mengakibatkan terganggunya siklus hidup hewan ini dan populasi iklan bisa hilang serta hewan langka seperti penyu bisa punah.

Untuk melindungi bakau ini kita bisa melakukan penanaman kembali pohon bakau di kawasan pesisir. Bibit bakau di tanam dan diikat dengan tiang penyangga agar tidak terbawa arus selama akarnya tumbuh. Penanaman kembali ini dapat melibatkan masyarakat pesisir untuk mendidik mereka akan besarnya peranan bakau dalam kehidupan manusia.

Kode: 7.8.5

Kelas: VII

Mata pelajaran: IPS  

Materi: Bab 5 – Keadaan Alam Indonesia

Baca Juga  Bentang alam secara umum kepulauan maluku

Kata kunci: Hutan mangrove

 

Demikianlah Jawaban Soal Pelajaran Tentang Fungsi ekologis hutan mangrove adalah sebagai Semoga Membantu.