Pemasangan kabel listrik pada siang hari dibuat kendor bertujuan agar

Adalah Jawaban Soal Ujian Tentang Pemasangan kabel listrik pada siang hari dibuat kendor bertujuan agar

Jawaban:

Pemasangan kabel listrik pada siang hari dibuat kendur bertujuan agar pada saat cuaca dingin, kabel listrik tidak putus. Hal ini sesuai dengan konsep pemuain zat. Konsep pemuaian zat apabila diterapkan pada kabel listrik atau kabel telepon yang dipasang kendur pada satu tiang ke tiang lain  agar pada saat suhu dingin, panjang kabel akan mengalami pengurangan dan mengencang atau menyusut. Sehingga apabila tidak dipasang kendur, saat mengalami penyusutan kabel akan putus.

Pembahasan:

Zat-zat di sekitar kita memiliki kecenderungan untuk memuai ketika berada pada suhu panas dan menyusut ketika berada pada suhu dingin. Pada siang hari, sumber panas yaitu matahari membuat suhu sekitar relatif menjadi panas. Sedangkan pada malam hari, matahari sebagai sumber panas bumi terbenam, suhu di malam hari berubah cenderung menjadi dingin.

Akibatnya kabel listrik akan memuai (bertambah panjang) pada siang hari karena adanya panas dan menyusut (bertambah pendek) pada malam hari karena suhu dingin. Jika kabel listrik dipasang terlalu ketat, maka kabel tersebut akan menyusut sedemikian pendek ketika cuaca dingin di malam hari. Hal ini dapat mengakibatkan putusnya kabel. Sehingga penggunaan konsep pemuaian dan perpindahan kalor tepat pada kabel listrik yang dipasang secara kendur. Ketika suhu malam hari sangat dingin, kabel tidak terlalu ketat sehingga tidak putus dan tidak membahayakan lingkungan karena bisa saja terjadi kebakaran setelah kabel putus.   

Pelajari lebih lanjut

Detil Jawaban

Kelas: 11

Mapel: Fisika

Bab: Suhu dan Kalor

Baca Juga  Segi banyak dibedakan menjadi dua yaitu

Kode: 11.6.5

Kata Kunci: Pemuaian, Kabel, Kendur

Begitulah Jawaban Soal Ujian Tentang Pemasangan kabel listrik pada siang hari dibuat kendor bertujuan agar Semoga Membantu.