Pemerintah memerlukan informasi akuntansi dari perusahaan untuk

Inilah Jawaban Soal Ujian Tentang Pemerintah memerlukan informasi akuntansi dari perusahaan untuk

Ekonomi

Pengantar Akuntansi

Manfaat Laporan Keuangan

⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀

⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀

⇒ Jawaban yang dicetak tebal dan digarisbawahi seluruhnya.

Sebagai suatu sistem informasi, akuntansi sangat diperlukan bagi pihak intern ataupun ekstern. Adapun pihak-pihak yang membutuhkan informasi akuntansi antara lain sebagai berikut:

A. PIHAK INTERN

1. Pemilik (Owner), pemilik perusahaan pasti ingin mengetahui apakah bisnisnya berjalan dengan baik atau tidak. maka dari itu ia perlu mengetahui posisi keuangan, investasi, serta membandingkan dengan informasi sebelumnya untuk melihat pencapaian perusahaan.

2. Manajer, seorang manajer perusahaan pasti memerlukan informasi akuntansi untuk mengevaluasi kemajuan yang dicapai perusahaan dan menindaklanjuti tanggungjawabnya.

⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀

B. PIHAK EKSTERN

1. Investor, sebagai orang yang menanamkan modal dalam suatu perusahaan, ia pasti akan memerlukan data akuntansi pada suatu perusahaan untuk menganalisis perkembangan organisasi yang bersangkutan untuk mengukur kemampuan perusahaan atau prospek perusahaan dimasa depan, apakah akan menguntangkan bagi investor atau tidak yang nantinya kana menjadi pertimbangan investor tersebut untuk menanamkan modalnya.

2. Kreditor, kreditor berkepentingan dengan data akuntansisuatu perusahaan yang akan mengajukan kredit untuk pemberian kredit kepada calon nasabahnya apakah dapat mengembalikan pokok pinjaman beserta bunganya pada waktu yang tepat atau tidak.

3. Instansi Pemerintah, untuk menetapkan besarnya pajak yang harus dibayar oleh perusahaan tersebut sesuai dengan penghasilannya serta untuk memastikan apakah perusahaan telah memberi upah karyawannya sesuai peraturan yang berlaku atau belum.

4. Otoritas Pajak, dalam menentukan krediblitas pajak maka perusahaan harus menyertakan informasi keuangan agar dapat dilihat rekam jejak keuangan perusahaan tersebut.

Dan lain sebagainya.

Demikianlah Jawaban Soal Pelajaran Tentang Pemerintah memerlukan informasi akuntansi dari perusahaan untuk Semoga Membantu.