Konstitusi dalam pengertian sempit adalah

Inilah Kunci Jawaban Soal Ujian Tentang Konstitusi dalam pengertian sempit adalah

Kelas: VIII
Mata pelajaran: PPKN
Materi: Konstitusi
Kata kunci: Konstitusi

Saya akan mencoba menjawab pertanyaan ini dengan dua jawaban:

Jawaban pendek:

• Konstitusi dalam arti sempit: Sebuah dokumen yang disahkan yang menetapkan susunan dan fungsi utama lembaga pemerintah di suatu negara dan menyatakan prinsip-prinsip atau peraturan dimana lembaga tersebut harus berkerja.

• Konstitusi dalam arti luas: Keseluruhan sistem pemerintahan suatu negara, atau kumpulan peraturan yang mengatur sistem pemerintahan tersebutp.

Jawaban panjang:

Suatu negara yang bersifat konstitusional, yaitu negara berdasarkan hukum, memiliki konstitusi sebagai dasar negara.

Yang dapat dapat disebut sebagai konstitusi ini memiliki dua arti. Dalam arti sempit, ini berarti dokumen yang disahkan sebagai dasar negara. Di Indonesia ini adalah Undang-Undang Dasae 1945.

Namun konstitusi dalam arti luas berarti juga mencakup peraturan lain yang mengatur penyelenggaraan negara. Misalnya undang undang, peraturan pemerintah, keputudan presiden dan lainya.

Beberapa negara tidak memiliki konstitusi dalam arti sempit tapi memiliki konstitusi dalam arti luas. Misalnya adalah Inggris, yang tidak memiliki undang-undang dasar yang ditetapkan secara khusus. Namun Inggris memiliki kumpulan peraturan yang dapat digunakan sebagai landadan penyeelanggataan negara yang mengatur bagaimana pemerintahan berjalan. Di Inggris peraturan ini misalnya adalah Magna Charta, Acts of Unions dan sebagainya.

Negara lain memiliki memiliki konstitusi dalam arti sempit. Amerika Seikat misalnya memiliki undang-undang dasar yaitu Konstitusi Amerika Serikat sebagai tertinggi di Amerika Serikat. Konstitusi ini selesai dibuat pada 17 September 1787 dan diadopsi melalui Konvensi Konstitusional di Philadelphia pada masa perang Revolusi Amerika.

Demikianlah Kunci Jawaban Soal Ujian Tentang Konstitusi dalam pengertian sempit adalah Semoga Membantu.