Jelaskan penyebaran agama hindu ke indonesia menurut teori brahmana

Inilah Jawaban Soal Sekolah Tentang Jelaskan penyebaran agama hindu ke indonesia menurut teori brahmana

Penyebaran Agama Hindu ke Indonesia menurut teori Brahmana menyatakan bahwa agama Hindu dan Buddha dibawa dari India ke Indonesia oleh para Brahmana. Brahmana adalah kasta tertinggi dalam agama Hindu yang terdiri dari para pendeta dan pemimpin agama.

Hal ini karena Brahmana adalah kelompok sosial yang paling terpelajar, dan memiliki pengetahuan tentang aksara Pallawa, bahasa Sansekerta, budaya dan ilmu agama Hindu. Penggunaan aksara Pallawa dan bahasa Sansekerta dalam prasasti di masa Hindu Buddha diduga dapat terjadi karena pengaruh dari kaum Brahmana ini.

Pembahasan:

Ada beberapa teori yang dikemukakan untuk menjelaskan masuknya agama Hindu dari India ke Indonesia. Teori tersebut adalah Teori Brahmana (penyebaran oleh pemuka agama dari kasta Brahmana), Teori Ksatria (penyebaran oleh bangsawan dari kasta Ksatria), Teori Waisya (penyebaran oleh para pedagang dari kasta Waisya) dan Teori Arus Balik (penyebaran akibat peran aktif pedagang dan penguasa di Indonesia).

Teori Brahmana ini menyatakan bahwa agama Hindu dibawa ke Indonesia oleh para pendeta dan pemimpin agama, atau kasta Brahmana. Teori ini dikemukakan oleh Jacob Cornelis (JC) Van Leur.  

Teori ini dilandasi dengan penemuan prasasti beraksara Pallawa, misalnya adalah prasati Yupa yang ditemukan di wilayah Kutai, Kalimantan Timur

Pendirian prasati ini tidak lepas dari peran kasta Brahmana sebagai kaum berpendidikan karena mereka yang memiliki kemampuan menulis aksara Pallawa ini. Brahmana juga merupakan kelompok yang mengerti ajaran kitab-kitab suci agama Hindu, sehingga dapat menyebarkan ajaran agama ini.  

Pelajari lebih lanjut:

1. Mengapa budaya India pada masa Hindu Budha diterima oleh masyarakat Indonesia ?

Baca Juga  Plastik beling dan baja adalah contoh dari limbah

2. Sebutkan 4 kasta dalam agama Hindu!

Detail Jawaban:    

Kode: 10.3.4

Kelas: 10  

Mata pelajaran: Sejarah  

Materi: Bab 4 – Indonesia Zaman Hindu dan Buddha

Kata kunci: Teori Brahmana

Demikianlah Jawaban Soal Ujian Tentang Jelaskan penyebaran agama hindu ke indonesia menurut teori brahmana Semoga Membantu.