Jelaskan pengaruh interaksi sosial terhadap pembentukan lembaga sosial

Berikut ini Jawaban Soal Ujian Tentang Jelaskan pengaruh interaksi sosial terhadap pembentukan lembaga sosial

\n

Pengaruh interaksi sosial terhadap pembentukan lembaga sosial adalah Proses interaksi sosial akan melahirkan pembentukan lembaga sosial atau bisa dikatakan saling membutuhkan. Kegiatan interaksi sosial terjadi karena komunikasi atau kontak fisik antar orang bisa dalam bentuk norma dan nilai-nilai yang belaku di masyarakat. Lembaga sosial lahir dari hasil interkasi masyarakat, dimana lembaga sosial ini terbentu untuk mewadahi atau menyelesaikan kebutuhan berdasarkan interaksi masyarakat.

Pembahasan

Masyarakat adalah sekumpulan orang-orang yang berada disebuah tempat atau wilayah dari suku, agama, ras, adat istiadat dan jenis kelamin yang berbeda. Ketika orang-orang ini melakukan sebuah komunikasi atau kontak fisik maka terjadilah interaksi sosial.

Menurut Soerjono Soekanto, interaksi sosial adalah proses sosial tentang cara berhubung atau berkomunikasi  yang bisa dilihat jika individu dengan kelompok sosial saling bertemu lalu menentukan sistem dan hubungan sosial.

Menurut Soerjono Soekanto, Lembaga sosial adalah himpunan atau kumpulan dari beragam norma dari semua tindakan yang berkisar kepada suatu kebutuhan pokok di dalam kehidupan masyarakat.

Dengan demikian bisa dilihat interaksi sosial dan lembaga sosial saling membutuhkan. Interaksi sosial dapat melahirkan sebuah lembaga sosial dan lembaga sosial sangat dibutuhkan oleh interaksi sosial. hal ini dikarenakan lembaga sosial tercipta untuk mengumpulkan atau mewadahi interaksi sosial berdasarkan kebutuhan masyarakat.

Ini adalah contoh dari beberapa lembaga sosial yang tercipta akibat dari interaksi sosial:

  • Lembaga Pernikahan
  • Lembaga Pendidikan
  • Lembaga Ekonomi
  • Lembaga Agama
  • Lembaga Hukum
  • Lembaga Kesehatan

Pelajari lebih lanjut

—————————–

Baca Juga  Jelaskan mengapa kita harus menghormati dan mematuhi kepada orang tua

Detil jawaban

Kelas: 9

Mapel: IPS

Bab: 5 – Perubahan Sosial

Kode: 9.10.5

#TingkatkanPrestasimu

\n

Demikianlah Jawaban Soal Sekolah Tentang Jelaskan pengaruh interaksi sosial terhadap pembentukan lembaga sosial Semoga Membantu.