Urutan tahapan pembelahan mitosis yang benar adalah

Berikut ini Jawaban Soal Ujian Tentang Urutan tahapan pembelahan mitosis yang benar adalah

Urutan tahapan pembelahan mitosis yang benar adalah 2 – 3 – 4 – 1 (B). Urutan tersebut adalah profase, metafase, anafase dan telofase. Mitosis adalah pembelahan sel yang terjadi di sel tubuh (somatis). Mitosis terjadi satu kali  pembelahan yang menghasilkan dua sel anakan.

Pembahasan

Setiap sel dapat memperbanyak diri dengan membentuk sel-sel baru melalui proses yang disebut pembelahan sel atau reproduksi sel. Pembelahan sel dibedakan menjadi dua, yaitu pembelahan secara langsung (amitosis) dan pembelahan secara tidak langsung (mitosis dan meiosis).

A. Pembelahan langsung

Pembelahan langsung adalah pembelahan sel tanpa melalui tahap-tahap pembelahan. Pembelahan lanhsung ini disebut pembelahan biner atau membelah diri yang dialami oleh mikroorganisme seperti bakteri dan protozoa (Amoeba, Euglena, Paramaecium).

B. Pembelahan tidak langsung

Pembelahan sel secara tidak langsung adalah pembelahan yang melalui tahapan-tahapan tertentu. Pembelahan sel secara tidak langsung dibedakan menjadi dua, yaitu pembelahan mitosis dan meiosis

1. Pembelahan mitosis

Terjadi pada sel tubuh, mengalami 1x pembelahan, sifat sel anakan sama dengan sel induk, jumlah kromosom sama dengan induk, sifat kromosom diploid/2n yaitu memiliki kromosom berpasangan.  

Tahap-tahap pembelahan mitosis adalah:

a. Profase

b. Metafase

c. Anafase

d. Telofase

2. Pembelahan meiosis

Terjadi pada pembentukan sel gamet (sperma dan ovum). Mengalami 2x pembelahan. Sifat sel anakan setengah dari sofat induk. Jumlah kromosom setengah dari jumlah kromosom sel induk. Sifat kromosom haploid/n yaitu kromosom tidak berpasangan.

Tahap-tahap pembelahan meiosis dibagi menjadi 2 yaitu meiosis I terdiri dari profase I, metafase I, anafase I, telofase I dan meiosis II yang terdiri profase II, metafase II, anafase II, telofase II.  

Baca Juga  Surat undangan ulang tahun termasuk jenis surat

Detil jawaban

Kelas: 12

Mapel: Biologi

Bab: Pembelahan Sel

Kode: 12.4.4

#AyoBelajar

Begitulah Jawaban Soal Pelajaran Tentang Urutan tahapan pembelahan mitosis yang benar adalah Semoga Membantu.